24November2017

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Artikel Artikel Manajemen Keberhasilan Proses Pembelajaran melalui Dinamika Kelompok

Keberhasilan Proses Pembelajaran melalui Dinamika Kelompok

User Rating:  / 0
PoorBest 

bbppl dinamikakelompok1bbppl dinamikakelompok1Dalam kehidupan sehari-hari, manusia memiliki dua potensi, yaitu potensi subjektif dan potensi objektif. Melalui potensi subjektifnya, manusia dapat berlaku sebagai subjek yang mengatur dan mempengaruhi lingkungan, dan dengan potensi objektifnya, manusia dapat dipengaruhi oleh lingkungan disekitarnya.Artinya dalam proses pendidikan dan pelatihan, anda disatu pihak perlu melakukannya dan dipihak lain perlu diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi dirinya. Proses pengisian ini akan menjadi lebih mudah dalam situasi yang memberikan kebebasan bagi individu untuk mengembangkan potensi dirinya

Penerapan Dinamika Kelompok selama ini sering dipakai sebagai pengantar dalam pelaksanaan suatu pelatihan. Fasilitator dalam suatu pelatihan seringkali menggunakan prinsip atau berbagai permainan dinamika kelompok dalam berbagai pelatihan. Dinamika kelompok di sini tidak dipandang hanya sebagai acara perkenalan dalam arti yang sempit, hura-hura dan membuang waktu saja, tetapi digunakan untuk menunjang keberhasilan dari suatu pelatihan itu sendiri. Pada prakteknya ada beberapa fasilitator yang belum memahami secara utuh mengenai dinamika kelompok, baik sebagai sarana penunjang proses pembelajaran selama pelatihan berlangsung maupun kaitannya dengan upaya untuk mencapai tujuan pelatihan yang diharapkan.

Dinamika kelompok sebagai suatu metode dan proses, merupakan salah satu alat manajemen untuk menghasilkan kerjasama kelompok yang optimal, agar pengelolaan organisasi menjadi lebih efektif, efisien dan produktif.

Pengertian Dinamika Kelompok

Dinamika kelompok berasal dari kata dinamikadan kelompok.Dinamika berarti interaksi atau interdependensi antara satu dengan yang lain. Istilah dinamika kelompok berasal dari bahasa Inggris ”dynamics” yang berarti mempunyai gairah atau semangat untuk bekerja. Dinamika merupakan suatu pola atau proses pertumbuhan, perubahan atau perkembangan dari suatu bidang tertentu, atau suatu sistem ikatan yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi antara unsur yang satu dengan yang lain, karena adanya pertalian yang langsung diantara unsur-unsur tersebut. Pengertian dinamika ini lebih menekankan pada gerakan yang timbul dari dalam dirinya sendiri, artinya sumber geraknya berasal dari dalam kelompok itu sendiri, bukan dari luar kelompok

Dengan demikian pengertian dinamika kelompok dapat dirumuskan sebagai: Suatu metoda dan proses yang bertujuan meningkatkan nilai-nilai kerjasama kelompok. Artinya metode dan proses dinamika kelompok ini berusaha menumbuhkan dan membangun kelompok, yang semula terdiri dari kumpulan individu-individu yang belum saling mengenal satu sama lain, menjadi satu kesatuan kelompok dengan satu tujuan, satu norma dan satu cara pencapaian berusaha yang disepakati bersama.

Tujuan Dinamika Kelompok

Adapun tujuan dinamika kelompok yang diinginkan untuk setiap kelompok dalam organisasi yaitu:

(1) Sebagai lumbung dari ide yang ingin dilaksanakan.

(2) Sebagai ikatan jiwa antara anggota kelompok.

(3) Menjadi sasaran dan juga menjadi sumber dari konsep perencanaan kerja.

(4) Menjadi motivasi dalam mengadakan persaingan/aktivitas.

(5) Menjadi perangsang untuk mendapatkan kepuasan kerja.

(6) Menjadi arah yang tetap dalam menjalankan tugas kelompok.

Sedangkan fungsi dinamika kelompok yaitu untuk:

  • Membentuk kerjasama saling menguntungkan dalam mengatasi persoalan hidup. (Bagaimanapun manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.)
  • Memudahkan segala pekerjaan (Banyak pekerjaan yang tidak dapat dilaksanakan tanpa bantuan orang lain)
  • Mengatasi pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dan mengurangi beban pekerjaan yang terlalu besar sehingga selesai lebih cepat, efektif dan efesian(pekerjaan besar dibagi-bagi sesuai bagian kelompoknya masing-masing/sesuai keahlian).
  • Menciptakan iklim demokratis dalam kehidupan masyarakat (setiap individu bisa memberikan masukan dan berinteraksi dan memiliki peran yang sama dalam masyarakat)

Unsur-unsur Dinamika Kelompok

Kelompok harus bisa produktif, harus bisa menghasilkan sesuatu dan bermanfaat bagi anggotanya, demikian juga kelompoktani. Agar kelompok produktif, kelompok harus dinamis. Untuk bisa dinamis, unsur-unsur dinamika sebagai kekuatan kelompok tersebut harus terpenuhi. Unsur-unsur dinamika kelompok tersebut adalah :

  1. Tujuan Kelompok
  2. Struktur Kelompok
  3. Fungsi Tugas
  4. Mengembangkan dan membina Kelompok
  5. Kekompakan Kelompok
  6. Suasana Kelompok
  7. Tekanan pada Kelompok
  8. Efektivitas Kelompok

Dinamika Kelompok sebagai Penunjang Proses Pembelajaran

Untuk mencapai tujuan yang diciptakan dan disepakati bersama dengan melibatkan semua individu anggota kelompok tersebut sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Sebagai suatu proses, dinamika kelompok berupaya menciptakan situasi sedemikian rupa, sehingga membuat seluruh anggota kelompok merasa terlibat secara aktif dalam setiap tahap perkembangan atau pertumbuhan kelompok, agar setiap orang merasakan dirinya sebagai bagian dari kelompok dan bukan orang asing. Dengan demikian diharapkan bahwa setiap individu dalam organisasi merasa turut bertanggung jawab secara penuh terhadap pencapaian tujuan organisasi yang lebih luas.

Oleh karena itu, pemahaman tentang dinamika kelompok-kelompok pesaing dalam dunia wirausaha sangat diperlukan, agar kita dapat membina kekuatan kolektif (collective power) di dalam organisasi dengan cara-cara yang sehat. Sikapilah persaingan usaha dengan hati yang bening dan gunakan akal sehat. Jadikan persaingan di antara kelompok-kelompok usaha sebagai sarana untuk menunjukkan ketangguhan kita sebagai wirausaha sejati.

Kompetensi umum yang dituntut adalah memiliki wawasan luas, apresiasi yang mendalam dan keterampilan dalam menganalisis metoda dan proses dalam mengembangkan sistem kerjasama dalam kelompok-kelompok usaha, sehingga dapat memahami pengertian serta manfaat dari dinamika kelompok pada suatu pelatihan.

DAFTAR PUSTAKA

*        Hartinah, Siti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Refika Aditama, Bandung

*        Dinamika Kelompok, 2005. Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.. Jakarta.

*        Modul Dinamika Kelompok, 2010. Diklat Fungsional Penyuluh Pertanian,

Departemen Pertanian ,Badan Pengembangan SDM Pertanian- Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783