Perbanyak Ciplukan (Physalis angulate) Percepat Buah

16September2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Artikel Artikel Pertanian Perbanyak Ciplukan (Physalis angulate) Percepat Buah

Perbanyak Ciplukan (Physalis angulate) Percepat Buah

User Rating:  / 0
PoorBest 

Ciplukan (cecendet) atau nama bekennya Goldenberry merupakan tanaman semak yang banyak hidup di hutan-hutan, namun kini sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat kita.Hal ini karena manfaat dari buah atau daun ciplukan sangatlah banyak seperti mengobati diabetes melitus,mengobati penyakit ayan atau epilepsi,mengobati penyakit paru-paru, mengobati sakit tenggorokan,mengobati sariawan dan gusi berdarah,mengobati bisul, mengatasi tekanan darah tinggi, mengatasi penyakit reumatik, mengobati masalah batuk rejan, mengobati bronchitis, mengobati penyakit gondongan, mengobati pembengkakan pada buah pelir untuk kaum laki-laki, dan mengobati influenza. Tanaman ini dapat bertahan sampai 1 (satu) tahun.

Syarat tumbuh tanaman ciplukan pada pH netral dengan ketinggian 1.500 m dpl.Perbanyakan secara generatif yaitu perbanyakan tanaman melalui biji, dan sekali menyemai dalam satu buah ciplukan dapat menghasilkan beberapa tanaman, bila ini jadi semua. Namun memiliki beberapa kelemahan diantaranya tanaman yang dihasilkan belum tentu lebih baik dari induknya atau bisa berubah dari induknya dan waktu untuk berbuah lebih lama.

Cukup banyak perbanyakan tanaman secara vegetatif dan merupakan perkembangbiakan tanaman tanpa melalui proses perkawinan.Bahan perbanyakan tanaman dengan menggunakan bagian-bagian vegetatif, seperti akar, batang atau daun dan perbanyakan ini akan menghasilkan buah sama seperti induknya dan lebih cepat berbuah.Selain itu kelebihan-kelebihan lain adalahmasa muda tanaman relatif pendek, sifat-sifat kebaikan dari induknya dapat diturunkan, dapat tumbuh ditanah yang dangkal, karena perakaran yang sudah lebih kuat.Kelemahannya perakaran kurang kuat, memiliki akar tunggang, sulit memperoleh jumlah tanaman yang besar.

Perbanyakan ciplukan dengan stek, caranya adalah: siapkan gelas bekas minuman mineral atau gelas plastik lainnya, lubangi bagian bawahnya untuk keluarnya air, siapkan media semai dengan campuran pupuk kandang dan media tanah dengan perbandingan 1:2 bagian. Isikan media tanam kedalam gelas mineral dan siram sampai basah. Pilih tanaman yang sudah berbuah dan memiliki keunggulan-keunggulan yang diharapkan, tentukan tunas yang memiliki warna hijau tua dan biasanya sudah memiliki daun 4-5 helai daun dan tinggi tunas sudah mencapai 15 cm. Hindarkan memilih tunas yang masih muda karena saat disemaikan tanaman tersebut akan busuk dan mati.Buang sebagian daun untuk menghidari penguapan yang berlebihan, baluri dengan perangsang tumbuh (Root-UP) atau yang lainnya pada bagian pangkal tanaman, Semaikan/tanam kedalam gelas mineral dan sedikit ditekan disekitar media tanam tersebut supaya kokoh berdiri. Simpan media semai di tempat yang terhindar dari matahari langsung.

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783