18December2017

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Artikel Artikel Pertanian MEMBUAT DENDENG NANGKA MUDA RASA DAGING SAPI

MEMBUAT DENDENG NANGKA MUDA RASA DAGING SAPI

User Rating:  / 2
PoorBest 

bbppl-nangka3bbppl-nangka3Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Buah nangka muda sangat digemari sebagai bahan sayuran. Di Sumatera terutama di Minangkabau, dikenal masakan gulai nangka. Di Jawa Barat buah nangka muda antara lain dimasak sebagai salah satu bahan sayur asam. Di Jawa Tengah dikenal berbagai macam masakan dengan bahan dasar buah nangka muda (disebut gori), seperti sayur lodeh, sayur megana, oseng-oseng gori, dan jangan gori (sayur nangka muda). Di Yogyakarta nangka muda terutama dimasak sebagai gudeg. Sementara di Jakarta dan Jawa Barat bonggol bunga jantan (disebut babal atau tongtolang) kerap dijadikan bahan rujak.

            Nangka muda memiliki komposisi mineral yang cukup baik, terutama kalsium dan fosfor, masing-masing sebesar 45 mg dan 29 mg per 100 gram. Keunggulan lain dari nangka muda adalah mengandung karbohidrat (11,3 g/100 grm) dan Vitamin C (9 mg/100g). Pemanfaatan buah nangka muda bukan untuk dimasak sebagai bahan sayur saja namun nangka muda bisa diolah menjadi aneka ragam makanan. Seseorang yang kreatif dan berhasil dapat memanfaatkan nangka muda secara optimal menjadi berbagai aneka olahan kering maupun basah yang siap saji maupun mempertahankan daya simpan. Salah satunya produk tersebut adalah dendeng nangka muda. Pemanfaatan buah nangka muda sebagai produk makanan dendeng akan lebih memperkaya keragaman menu makanan kita sehari-hari, karena selama ini buah nangka muda hanya dikenal sebagai bahan baku utama sayur.

            Umumnya produk makanan dendeng dibuat dari bahan baku asal hewani, seperti daging sapi, daging kelici, daging kambing juga daging hewan lainya. Ternyata produk dendeng ini juga dapat dibuat dari bahan asal nabati, yaitu dari buah nangka muda. Supaya dendeng nangka dapat mendapatkan rasa daging sapi kita tambahkan daging sapi cincang lembut pada adonan/pasta nangka yang sudah dibumbui. Di samping itu, produk dendeng juga akan memperpanjang daya simpan buah nangka muda itu sendiri dan dapat meningkatkan pendapatan bagi keluarga atau dapat mengurangi biaya belanja sehari-hari. Pembuatan dendeng nangka muda tidak sulit, cukup menggunakan peralatan yang ada disekitar dapur kita, seperti pisau, talenan, ulekan, tampah, sendok, dan daun pisang.

bbppl-nangka2bbppl-nangka2Bahan – bahan pembuatan dendeng nangka rasa daging sapi antara lain nangka muda yang layak untuk dibuat dendeng yaitu nangka muda. Ciri-cirinya nangka utuh yaitu durinya masih merapat, ukurannya kecil, mudah dikupas, dan bergetah bila dibelah jeraminya, camplungannya juga masih kecil, bila dibelah biji nangka jernih, kulit biji lunak. Aroma segar nangka muda cocok untuk dibuat aneka olahan. Untuk mengolah nangka menjadi dendeng dibutuhkan nangka muda 1 kg, agar dendeng ada rasa daging sapinya ditambahkan daging cincang ¼ kg, kemudian untuk bumbu dendeng kita siapkan dengan cara dihaluskan, yaitu ketumbar 2 sendok makan, bawang putih 6 siung , bawang merah 6 butir, 1,5 ons gula merah, asem jawa 4 mata, 2 batang sereh muda, 5 lembar daun salam, laos muda yang sudah halus 50 gram, 1 sachet masako (bila perlu), garam secukupnya, dan bila menghendaki dendeng yang pedas bisa ditambah dengan cabai rawit 10 biji.

Pembuatan dendeng nangka muda ini sebagai berikut: sebelum dikupas, nangka perlu dicuci dahulu agar bersih pada bagian kulit luar, kemudian dikupas kulitnya dan dibersihkan dari getahnya, lalu dipotong-potong dan buang empedunya, untuk selanjutnya dikukus bersama daun salam dan daun sereh agar bertambah aroma. Kukus buah nangka hingga cukup lunak teksturnya, kemudian diangkat, didinginkan,   dihaluskan, maka jadilah pasta nangka. Kemudiaan pasta nangka dicampurkan pada adonan bumbu dan daging cincang, aduk hingga rata serta terasa bumbunya. Kemudian adonan dicetak dengan cara dipipihkan seperti dendeng sesuai bentuk yang diinginkan. Setelah itu, dijemur dibawah panas mata hari hingga kering.

bbppl-nangkabbppl-nangkaKualitas dendeng nangka yang baik dapat dilihat sebagai berikut: dendeng nangka muda yang baik telah terbentuk dapat dipotong, tanpa mengalami kehancuran ataupun terlalu liat. Dendeng ini bila kering mencapai kadar air 10% dapat segera disimpan pada kaleng atau kemasan yang tertutup rapat. Bila akan dikonsumsi, sebelum digoreng sebaiknya dicelupkan dalam air panas agar tidak keras setelah digoreng. Goreng dendeng dengan minyak panas kemudian segera diangkat sebelum kering agar tidak keras bila digigit dan tidak gosong. Sajikan dendeng nangka untuk lauk pauk makan keluarga. Dengan mengolah nangka muda menjadi penganan seperti itu diharapkan akan meningkatkan nilai tambah dari nangka muda serta dapat menambah pendapatan keluarga apabila dendeng ini tidak hanya dikonsumsi tetapi dapat dijual. Selamat Mencoba.

 

Daftar Pustaka

Made Astawan, Mita Wahyuni, 1991, Teknologi Pengolahan Pangan Nabati Tepat Guna, Edisi Pertama, Akademi Pressindo, Jakarta.

Sulistiyani.DA, 2005, Sehat Dengan Makanan Berserat, Puspa Swara, Jakarta

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783