Suksesnya Kegiatan Kelompok Tani

23March2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Artikel Artikel Umum Suksesnya Kegiatan Kelompok Tani

Suksesnya Kegiatan Kelompok Tani

User Rating:  / 0
PoorBest 

bbpplembang peran keltanbbpplembang peran keltanKelompoktani yaitu kumpulan petani yang dibentuk atas dasar kesamaan kepentingan,  kesamaan kondisi lingkungan (sosial, ekonomi, sumberdaya) dan keakraban untuk meningkatkan  dan mengembangkan usahatani anggotanya. Kunci dari kelompoktani yaitu kepentingan, keakraban, dalam upaya meningkatkan pendapatannya. Kelompoktani “Tani Maju“ di Desa Pager, Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Semarang, merupakan kelompoktani yang kompak untuk menjalankan kegiatan kelompoknya dalam upaya meningkatkan kegiatan usahataninya, meningkatkan tarap hidup dan pendapatan. Untuk dapat meningkatkan peranan anggota dan tugas pengurusnya yaitu:

1. Anggota, tugasnya dalam kelompoktani diantaranya: a) mau mendengarkan rencana-rencana pengurus, b) menilai laporan pertanggungjawaban pengurus, c) turut mengesahkan rencana kegiatan kelompok, d) melaksanakan rencana kegiatan dan keputusan kelompok, e) menetapkan dan mengangkat pengurus, e) mengadakan /membuat perubahan AD/ART, f) mengingatkan dan membantu sesama anggota untuk kemajuan kelompok.

2. Penasehat, tugasnya yaitu: a) memeriksa kegiatan kelompok secara keseluruhan, b) memberikan rekomendasi dan masukan ataupun saran perbaikan pada pengurus untuk meningkatkan produktivitas usaha apabila adanya penyimpangan pelaksanaan program, c) memberikan laporan tahunan kepada anggota dalam rapat anggota tentang perkembangan dan keadaan kelompok, d) mengadakan pemeriksaan terhadap anggota, kepengurusan dan pelaksanaan, e) mempertanggungjawabkan pekerjaan pemeriksaan pada anggota dalam rapat anggota, f) mempelajari dan meneliti pelaksanaan AD/ART, g) membuat penilaian terhadap jalannya kelompok dan aktivitas pengurus sesuai keputusan rapat anggota dan AD/ART.

3. Ketua kelompok, tugasnya yaitu: a) mengkoordinasikan pelaksanaan rencana kegiatan kelompok, b) memimpin rapat dan pertemuan kelompok, c) menetapkan/memutuskan hasil musyawarah, d) mewakili kelompok untuk berhubungan dengan pihak lain, e) mempertanggung jawabkan keuangan dan kegiatan kelompok, f) menandatangani surat-surat, baik kedalam atau keluar g) memdorong dan memberi semangat anggota.

4. Sekretaris kelompok, tugasnya yaitu: a) mencatat kegiatan kelompok, b) membuat notulen rapat, c) mengagendakan dan mengarsipkan surat masuk dan keluar, d) membuat laporan kelompok, e) mewakili ketua untuk berhubungan dengan pihak luar apabila ketua berhalangan hadir.

5. Bendahara kelompok, tugasnya yaitu: a) mencatat keluar masuknya keuangan, b) menyimpan dan mengeluarkan uang, c) membuat laporan keuangan.

6. Seksi-seksi, tugasnya yaitu: bertanggung jawab atas kelancaran pekerjaan–pekerjaan yang ditetapkan dalam seksi masing-masing.

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783