24November2017

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Artikel Artikel Umum BUGAR dengan INFUSED WATER

BUGAR dengan INFUSED WATER

User Rating:  / 0
PoorBest 

BUGAR dengan INFUSED WATER

LATAR BELAKANG

Air putih merupakan kebutuhan penting bagi kesehatan tubuh manusia, dan fungsinya tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Kandungan mineral yang terdapat dalam air putih memberikan sejumlah manfaat penting bagi kesehatan tubuh, antara lain untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, membantu proses detoksifikasi, melancarkan sistem pencernaan dan mencegah dehidrasi. Air juga merupakan komponen penting dalam bahan makanan karena air dapat mempengaruhi penampakan, tekstur serta cita rasa makanan kita.
Semua bahan makanan mengandung air dalam jumlah yang berbeda-beda, baik yang berasal dari bahan makanan hewani maupun nabati.  Air berperan sebagai pembawa zat-zat makanan dan sisa-sisa metabolisme sebagai media reaksi yang menstabilkan pembentukan biopoliner dan lain-lain.

AIR SUMBER KEHIDUPAN
Air merupakan sumber kehidupan bagi manusia yang tidak mungkin diganti oleh yang lain.  Tubuh manusia terdiri dari sekitar 65% air.  Kehilangan cukup banyak air dari dalam tubuh akan mengakibatkan banyak masalah, bahkan dapat menyebabkan kematian. Tubuh manusia membutuhkan setidaknya sekitar 2,5 liter air per hari, yang setiap harinya kebutuhan air ini harus diganti dengan air yang baru.  Diperkirakan dari sejumlah air yang harus diganti tersebut, 1,5 liter berasal dari air minum dan sekutar 1 liter berasal dari bahan makanan yang dikonsumsi.
Dalam keadaan kesulitan bahan pangan dan air, manusia mungkin dapat hidup tanpa makan selama lebih dari 2 bulan, namun tanpa minum air akan meninggal dunia dalam waktu kurang dari seminggu.  Kekurangan konsumsi air akan mengakibatkan dehidrasi dan menyebabkan kerusakan berbagai fungsi dari organ-organ tubuh

JENIS AIR MINUM
Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 : dikatakan bahwa air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.

Minuman yang sesuai dan dibutuhkan tubuh kita adalah minuman yang alami, sebab tubuh manusia tersusun dari zat-zat yang bersifat alami.  Salah satu minuman alami terbaik bagi tubuh tidak lain adalah ar putih.  Mengapa air putih? Air putih merupakan molekul yang terdiri atas dua atom hidrogen dan satu atom oksigen.  Oleh karena itu simbol air adalah H2O.  Hidrogen yang terdapat paa air putih befungsi sebagai penangkal radikal bebas.  Semakin tinggi kandungan hidrogen pada air putih, maka semakin efektif pula melindungi tubuh dari serangan radikal bebas
Demikian pula dengan oksigen.  Tanpa oksigen, kehidupan ini tidak akan ada sebab semua makhluk hidup bernapas dengan oksigen.  Itulah sebabnya, ikatan dari kedua atom ini memiliki peran vital bagi kesehatan tubuh kita.
Jenis minuman bermacam-macam, Ada air minum yag terbagi atas air mineral alami dan soda.  Kemudian ada jus buah yang terbagi atas jus buah dan konsentrat.  Ada pula nektar buah yang terbagi atas jus dan konsentrat.  Selain itu ada pula minuman berasa berbasis air, termasuk minuman olahraga, minuman berenergi, elektrolit dan khusus. Sementara minuman lain meliputi kopi, tej, herbal dan lainnya, namun tidak termasuk cokelat.

ALTERNATIF PILIHAN AIR MINUM.

Walaupun air putih sudah diketahui kekhasiatannya, namun sayang tidak semua orang gemar mengkonsumsi air putih. Bagi mereka yang sudah terbiasa meminum soft drink, jus, minuman beraoma lainnya, maka mengonsumsi air putih bukan hal yang mudah, padahal air putih ini merupakan kebuthan vital untuk kesehatan tubuh. Disini pentingnya melakukan inovasi dengan menghadirkan air putih beraroma yang menyehatkan dan tanpa mengurangi manfaatnya.  Air apakah gerangan...? Itulah air  yang saat kini dikenal dengan Infused Water.

 


APA ITU  INFUSED WATER......?
Infused water atau dikenal pula dengan spa water adalah air putih yang diberi tambahan potongan buah-buahan, sayuran, dan rempah sehingga memberikan cita rasa dan manfaat untuk kesehatan. Infused water dibuat dengan cara memasukkan irisan buah-buahan atau herbal ke dalam air putih. kemudian didiamkan beberapa jam sampai sari buahnya keluar dan air sudah berasa buah, dapat didiamkan dalam lemari es selama 4 – 12 jam, lalu dikonsumsi.  Dengan cara ini, air putih yang dikonsumsi menjadi lebih beraroma dan terasa segar..  Namun demikian, bukan berarti infused water akan terasa manis seperti jus atau sari buah, sebab pembuatan infused water tanpa gula maupn aditif lainnya. Dan inilah yang menjadi keunggulan infused water yang berbeda dengan air minum biasa, karena infused water merupakan air putih beraroma secara alami.
Infused water bisa juga digunakan untuk mereka yang tidak sempat mengonsumsi buah atau kurang suka buah.  Dengan memasukkan irisan buah yang berwarna-warni dapat memancing selera seseorang untuk menyukai buah. Infused water bisa mnjadi alternatif untuk mendorong orang minum air putih lebih banyak

MANFAAT dan KEUNGGULAN  INFUSED WATER

Terkadang lebih mudah untuk mengonsumsi minuman sehat daripada makanan sehat. Oleh karenanya perkembangan industri minuman kesehatan dalam kemasan mulai menjamur saat ini., seiring dengan tingkat aktifitas manusia yang semakin sibuk. Salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan hidup ini adalah dengan mengonsumsi infused water.
Minuman infused water mengandung beberapa zat gizi yang diperlukan tubuh untuk melakukan berbagai aktifitas.  Kandungan zat gizi utama dalam infused water adalah vitamin, mineral, dan serat. Manfaat apa saja yang didapat dari infused water? Berikut ini ada beberapa manfaat penting dari infused water, yaitu:
1.    Meningkatkan daya tahan tubuh
2.    Membuat tubuh lebih bugar dan segar
3.    Menjaga kesehatan saluran pencernaan
4.    Mencegah dehidrasi.
5.    Membantu proses detoksifikasi
6.    Membantu mengendalikan berat badan
Adapun keunggulan infused water alami, antara lain sebagai berikut:  
-    Bahan mudah diperoleh
-    Sederhana dan mudah pembuatannya
-    Mengandung zat gizi dan mineral dari buah dan herbal
-    Membantu anak-anak dan remaja lebih banyak mengonsumsi lebih banyak air
-    Menciptakan berbagai macam rasa atau aroma sesuai yang diinginkan

 
PERALATAN DAN BAHAN YANG  DIPERLUKAN
Peralatan yang digunakan dam pembuatan infused wáter yaitu wadah minuman berbagai bentuk yang bertutup, pisau, lemari es.  Sedangkan bahan-bahan yang digunakan dapat berupa buah-buahan (apel, jeruk , anggur, nenas, kiwi, stroberi, belimbing dan buah lainnya) ; Aneka sayuran (mentimun, tomat, wortel ) ; Daun-daunan (seledri, kemangi, mint, serai) ; rempah –rempah ( antara lain jahe, kayumanis, cengkeh ). Bahan- bahan yang digunakan harus dalam keadaan segar, dan buah dalam keadaan matang optimal

PROSEDUR DASAR PEMBUATAN  INFUSED WATER
Membuat infused water bukan merupakan pekerjaan yang sulit dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Selain harus mengetahui jenis buah yang dapat digunakan serta manfaatnya bagi kesehatan, perlu juga diketahui cara membuat serta cara memanfaatkan infused water agar diperoleh hasil yang maksimal. Secara sederhana langkah pembuatan infused water dijelaskan sebagai berikut:
1.    Cuci tangan dengan sabun antiseptik, bilas hingga bersih.
2.    Cuci bersih buah-buahan, sayuran, daun-daunan dan rempah yang akan digunakan dengan air mengalir.  Khusus untuk jeruk nipis, gosok seluruh permukaan kulitnya dengan garam untuk menghilangkan rasa pahit.  Keringkan dengan lap bersih.
3.    Potong-potong buah-buahan, sayuran, daun-daunan dan rempah.
4.    Masukkan potongan buah-buahan, sayuran, daun-daunan dan rempah tadi ke dalam wadah bersih yang ada tutupnya.  Tuangkan air putih/air minum dengan perbandingan 100 ml untuk lima hingga sepuluh potong buah-buahan.  Kemudian tutup rapat.
5.    Masukkan kedalam lemari es, diamkan sekitar 4 s.d 12 jam, agar sari pati buah keluar dan larut dalam air. Setelah itu dapat dikeluarkan dari lemari   es.
6.    Siapkan gelas dengan saringan, tuangkan infused water.
7.    Infuse water siap dinikmati, dapat pula ditambahkan madu untuk memberikan rasa manis.

SELAMAT MENCOBA…….


DAFTAR PUSTAKA

1.    Lely Noormindhawati & Farida W Ningtyas, 2014.  Kedahsyatan Infused Water.  Penerbit Padi, Jakarta Timur.
2.    Noni Soraya, 2014. Infused Water.  Penerbit Penebar Swadaya, Jakarta Timur

                                                                                                                                                                                                                                                        

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783