24April2017

Indonesian English Japanese Korean

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Rapat Pertemuan Koordinasi dan Konsolidasi Tenant

Rapat Pertemuan Koordinasi dan Konsolidasi Tenant

bbpplembang-konsolidasitenant3bbpplembang-konsolidasitenant3Selama 2 hari mulai tanggal 13 – 14 Desember 2016, Aula Catur Gatra Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang diramaikan dengan kehadiran pelaku usaha yang merupakan Tenant binaan BBPP Lembang. Menjadi suatu ajang silaturahmi setelah lama tidak bertemu, dan yang paling utama menjadi ajang bisnis bagi mereka. Ya, 22 orang Tenant yang berasal dari 3 angkatan, yaitu Angkatan I, II, dan III bertemu dalam kegiatan Koordinasi dan Konsolidasi Tenant yang diadakan oleh BBPP Lembang.

Rabu (14/12/2016), kegiatan resmi dibuka oleh Kepala BBPP Lembang, Ir. Bandel Hartopo, M.Sc. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan “Menjadi entrepreneurship harus siap dari berbagai sisi, baik sisi budidaya (pengolahan lahan sampai pemasaran), sisi sosial budaya, dan sisi ekonomi (kemampuan forecasting)”. “BBPP Lembang sebagai instansi pembina tenant, berupaya membantu dari sisi pemasaran dan character building dengan menyediakan tempat belajar di balai yang kondusif untuk penciptaan wirausaha baru”, demikian lebih lanjut disampaikan.

bbpplembang-konsolidasitenant1bbpplembang-konsolidasitenant1bbpplembang-konsolidasitenantbbpplembang-konsolidasitenantSetelah acara pembukaan, para tenant diajak berkeliling ke lahan praktik BBPP Lembang untuk melihat beberapa perubahan yang dilakukan BBPP Lembang untuk memfasilitasi peserta pelatihan belajar dengan lebih optimal di BBPP Lembang. Selanjutnya, peserta kembali ke dalam Aula Catur Gatra untuk sharing experience antar tenant baik Angkatan I, II, dan III. Angkatan I yang diwakili oleh Bapak Santoso, Bapak Mujafar, dan Bapak Adi mengungkapkan keberhasilannya selama ini membangun bisnis walaupun dalam merintis juga tidak sedikit ditemui permasalahan. Ini penting sebagai motivasi bagi adik-adik Angkatan II dan III. Tidak kalah juga, Angkatan II dan III juga sharing experience tentang pengalamannya menjalankan bisnis, diwakili oleh Bapak Nanang Warkim, Bapak Dodih, Bu Yulia serta dari Angkatan III diwakili peserta Pelatihan Inkubasi bagi Petani Muda dari Kabupaten Garut dan Kabupaten Indramayu. Selain itu, hadir pula tamu undangan dari BP4K/Dinas Pertanian sebagai instansi Pembina Tenant di kabupaten masing-masing yang mengungkapkan kesediaannya untuk membina para Tenant.

bbpplembang-konsolidasitenant4bbpplembang-konsolidasitenant4bbpplembang-konsolidasitenant2bbpplembang-konsolidasitenant2Dari pertemuan selama 2 hari tersebut, menghasilkan butir-butir Rumusan Hasil, sebagai berikut:

  1. Tips dan trik untuk para tenant:
    1. Teknik budidaya harus benar diterapkan.
    2. Pastikan pasar ada dulu, lalu kuatkan, baru jaga produktivitas, kualitas, dan kontinuitas produk.
    3. Harus ada mitra untuk jadi supplier atau jadi konsumen kita.
    4. Manajemen SDM, keuangan, dan distribusi barang.
    5. Apa manfaat untuk orang lain dalam wadah P4S.
    6. Self motivation sangat penting supaya selalu semangat, punya kemauan dan tidak mudah menyerah.
    7. Mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, mulai saat ini.
  2. Pembentukan forum tenant yang menggabungkan Tenant I, II, III dengan kepengurusan baru dan berbadan hukum agar silaturahmi tetap berjalan terutama menjalin kemitraan usaha dalam hal pemasaran. Terpilih Ketua Forum Bisnis Tenant, Bapak Mujafar Priono yang berasal dari Kabupaten Cianjur. Beliau merupakan Tenant Angkatan I dan sudah berhasil dalam usahatani dan bisnisnya di bidang Sayuran Korea.
  3. Membentuk Whatsapp group untuk bisa saling silaturahmi antar tenant semua angkatan, serta menjalin kemitraan dan bisnis
  4. Membuat aplikasi berbasis android untuk display produk/pemasaran per kabupaten.
  5. BBPP Lembang sebagai salah satu instansi pembina tenant, berupaya terus mencetak wirausaha baru dalam bentuk character building dan pemasaran. Dinas kabupaten/kota juga sebagai salah satu instansi pembina dapat mengupayakan kegiatan pembinaan tenant. (che)

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783