23September2017

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Pengenalan Hidroponik Intensif SMP Islam Al-Azhar 8 Bekasi

Pengenalan Hidroponik Intensif SMP Islam Al-Azhar 8 Bekasi

Perkembangan teknologi pertanian sekarang makin pesat.

bbpplembang kunjungan AlAzharBekasibbpplembang kunjungan AlAzharBekasi(Senin/22 Mei 2017) Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menerima kunjungan siswa SMP Islam Al Azhar 8 Bekasi. Tujuan kunjungan rombongan untuk Pengenalan Hidroponik secara intensif kepada siswa.

Rombongan SMP Islam Al Azhar 8 Bekasi sebanyak 16 siswa dan 3 guru pendamping terlihat antusias saat sampai di Kantor Utama BBPP Lembang. Disambut di Ruang Rapat Kepala Balai oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan dan juga Widyaiswara, paru tamu langsung disuguhi produk Balai yaitu jus Jambu dan Mangga segar.

Bapak Rokhedi, S.PT selaku Kabid. Penyelenggaraan Pelatihan mewakili Kepala Balai menyambut rombongan, mengenalkan secara umum tentang Balai dan hidroponik menjadi salah satu yang banyak diminati masyarakat modern saat ini. “Semoga adik-adik setelah mendapatkan ilmu nya langsung di BBPP Lembang, bisa segera diterapkan di sekolahnya” tutup beliau dalam sambutan singkatnya.

bbpplembang kunjungan AlAzharBekasi1bbpplembang kunjungan AlAzharBekasi1Ketua rombongan yang juga Guru dari SMP Islam Al Azhar 8 Bekasi, Bapak Cipta melanjutkan dengan sambutan sekaligus menyampaikan tujuan mereka belajar singkat ke Balai. Kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan tahunan Ekstra Kurikuler KIR. Siswa Kelas 7 dan 8 sejumlah 16 siswa menjadi pilot project (angkatan pertama) belajar, mengenal lebih dalam sistem hidroponik sehingga dapat dipraktekkan di sekolah dan berbagi ilmu kepada seluruh siswa. Mulai dari menanam, merawat, menjual tanaman hidroponik. “Melihat perkembangan pertanian saat ini sudah sangat pesat, anak-anak harus dikenalkan kegunaan dan keuntungannya ke depan” ungkapnya.

Usai sambutan, tanpa berpanjang lebar Widyaiswara yang bertugas dalam pelajaran intensif hidroponik langsung mengambil alih sesi. Bapak Abd.Rohim, SP terlebih dahulu memberikan materi dan diskusi secara singkat mengenai NFT, DFT, Aeroponic, Drip Irrigation, Wick System, Ebb & Flow dan Flow Cultur.

Jeda istirahat kembali ke sesi praktik di lahan tentang Penyemaian Benih dengan Rockwool, pembuatan dan pengukuran nutrisi AB Mix, pembuatan instalasi system NFT dan mekanisme kerjanya, pembuatan instalasi desain vertikultur system vertigasi dan mekanisme kerjanya. Seluruhnya dilakukan selama sehari penuh. (ND)

 

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783