23April2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Panen.. Panen.. Panen!!!

Panen.. Panen.. Panen!!!

Program Upaya Khusus (Upsus) Kementerian Pertanian dapat meningkatkan produktivitas padi di seluruh daerah di Indonesia

bbpplembang panenpadi purwakarta2bbpplembang panenpadi purwakarta2PURWAKARTA. Panen dimana-mana, kali ini giliran Purwakarta, tepatnya di Desa Mekarjaya Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta, Kamis (21/12/2017). bbpplembang panenpadi purwakarta4bbpplembang panenpadi purwakarta4Hadir dalam panen padi di Blok Panayakan ini Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Bandel Hartopo, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus R. Suherlan, dan Pasiter Kodim 0619 Purwakarta, Kapten Arm Amarudin,  penyuluh pertanian, petani, dan pemuda tani. Agus Suherlan menyatakan “Kabupaten Purwakarta setiap bbpplembang panenpadi purwakarta3bbpplembang panenpadi purwakarta3harinya ada kegiatan tanam dan panen. Bulan Desember ini, kami surplus 2.103 ton yang merupakan perbandingan dari total panen yang diperoleh dengan pemenuhan konsumsi masyarakat Purwakarta”. Sementara, Bandel Hartopo menegaskan “Kementerian Pertanian berkomitmen tinggi untuk meningkatkan produktivitas padi dengan cara: memberi bantuan sarana prasarana, alsintan, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dan menumbuhkan minat generasi muda. Ini bukti nyata misi Kementerian Pertanian dalam mewujudkan kesejahteraan petani”.

bbpplembang panenpadi purwakartabbpplembang panenpadi purwakartabbpplembang panenpadi purwakarta1bbpplembang panenpadi purwakarta1Ada sisi menarik dari masyarakat di Desa Mekarjaya ini yang termasuk kedalam kearifan lokal masyarakat setempat, yaitu adanya gudang beras yang dinamakan “Leuit”, dibangun dengan maksud untuk menyimpan cadangan beras sehingga saat ada fluktuasi produksi dan harga beras, tidak terlalu mempengaruhi harga atau stock beras disana. Disamping itu, ada tradisi menumbuk padi oleh Ibu-ibu memadukan pukulan Alu dan Lisung, yang dinamakan Seni Tutunggulan, turut memeriahkan panen padi hari itu. (chetty)

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783