24May2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Insan Akademisi Mengenal Pertanian dari Dekat

Insan Akademisi Mengenal Pertanian dari Dekat

bbpplembang kunjungan universitasbbpplembang kunjungan universitasLEMBANG. Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, telah lama bekerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia dalam hal Tugas Belajar Magister (S2) dan Doktor (S3) Dalam Negeri untuk pegawai lingkup Kementerian Pertanian. Kerjasama yang dilakukan diantaranya dengan: Institut Pertanian Bogor, Universitas Padjadjaran, Universitas bbpplembang kunjungan universitas1bbpplembang kunjungan universitas1Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sumatera Utara, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, dan Universitas Diponegoro. Untuk melakukan evaluasi terhadap kerjasama pelaksanaan tugas belajar selama ini, maka dilaksanakan Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP dan perwakilan dari  kampus negeri tersebut.

Salah satu kegiatan dalam rapat koordinasi, yaitu kunjungan lapang dengan tujuan untuk melihat secara langsung aktivitas pertanian karena kerjasama tugas belajar yang dilakukan khusus program studi pertanian. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang dianggap menjadi lokasi yang strategis untuk melihat aktivitas pertanian karena cukup banyak aktivitas yang ada mulai dari hulu hingga hilir. Karenanya pada Kamis (12/04/2018), rombongan civitas akademika datang ke BBPP Lembang dan diterima secara resmi oleh pejabat struktural dan fungsional.

bbpplembang kunjungan universitas2bbpplembang kunjungan universitas2bbpplembang kunjungan universitas3bbpplembang kunjungan universitas3Rombongan mengelilingi lahan praktik BBPP Lembang. Diawali dengan melihat Kawasan Rumah Pangan Lestari, disana diterapkan pertanian terpadu untuk pemanfaatan lahan pekarangan, seperti beberapa komoditas yaitu sayuran, ternak, umbi-umbian, perkebunan, dan perikanan. Selanjutnya, peserta diajak melihat Goedang Koffie, coffee shop yang dibangun BBPP Lembang sebagai pengembangan aktivitas bisnis kopi, mulai dari budidaya kopi hingga pengolahan kopi. Akhirnya, peserta berkunjung ke Packing House kerjasama BBPP Lembang dengan Taiwan Technical Mission untuk peningkatan kapasitas petani. Dijelaskan tentang kerjasama yang terjalin selama ini dalam bidang pelatihan pertanian dan pemasaran produk petani dalam wadah Bandung Vegetables Station (Bavas) yang bisa juga menjadi peluang bagi pihak kampus untuk bekerjasama dalam hal yang sama dalam kerangka pemberdayaan masyarakat.  (chetty)

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783