Produktivitas Tanaman Kedelai di Dataran Tinggi

19December2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Produktivitas Tanaman Kedelai di Dataran Tinggi

Produktivitas Tanaman Kedelai di Dataran Tinggi

bbpplembang budidaya kedelaibbpplembang budidaya kedelaiLEMBANG. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian,  memiliki tugas pokok melatih petani dan penyuluh dibidang pertanian. BBPP Lembang juga memiliki sarana praktik untuk menunjang proses berlatih peserta pelatihan dan masyarakat pada umumnya. Di zona KRPL, saat ini BBPP Lembang sedang membudidayakan tanaman kedelai sebagai salah satu komoditas prioritas pengembangan oleh Kementerian Pertanian selain padi, jagung, dan lainnya.

Ada 3 varietas kedelai yang ditanam saat ini yaitu Anjasmoro, Grobogan, dan Argomulyo. Pengelola lahan praktik, Ade Rohman menuturkan, Selasa (17/07/2018), bahwa tanaman kedelai ini diberi perlakuan khusus agar dapat tumbuh dengan baik meskipun BBPP Lembang berada di dataran tinggi. Diantaranya saat pemupukan dasar menggunakan kotoran sapi dicampur dengan kotoran ayam, dan dilakukan pemupukan susulan setiap 2 minggu menggunakan NPK Mutiara 161616, sampai 2 kali. Hasilnya, pada saat panen pertama dan kedua, dihitung jumlah polong per tanaman mencapai 280. Ini lebih banyak dibandingkan panen kedelai yang umumnya menghasilkan 240 polong per tanaman. Namun ada perlakuan khusus yaitu dengan penyiraman menggunakan sisa hasil pembuangan kotoran sapi, seminggu sekali sampai 4-5 kali.

Semoga dengan penelitian yang dilakukan terus menerus kepada setiap komoditas pertanian, utamanya komoditas yang menjadi prioritas pengembangan oleh Kementerian Pertanian, dapat membawa manfaat bagi masyarakat secara umum. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783