Minat Mahasiswa dalam Budidaya Cabai Keriting

14November2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Minat Mahasiswa dalam Budidaya Cabai Keriting

Minat Mahasiswa dalam Budidaya Cabai Keriting

bbpplembang budidaya cabaikeriting1bbpplembang budidaya cabaikeriting1Dalam upaya mendukung 7 komoditas strategis dari pemerintah, Inkubator Agribisnis BBPP Lembang membudidayakan cabai merah keriting di lahan terbuka.  Lahan terbuka ini digunakan sebagai lahan praktik bagi peserta magang maupun diklat, baik dari aparatur maupun non aparatur. Jum'at, 27 Juli 2018, mahasiswa dari Universitas Padjajaran, Universitas Jenderal Sudirman, dan Universitas Lampung jurusan Agroteknologi melaksanakan proses pengolahan lahan dan penanaman cabe merah keriting di lahan Inkubator Agribisnis BBPP Lembang.  

Kegiatan budidaya cabai merah keriting meliputi pembibitan, persiapan lahan, penanaman, pemeliharaan, dan pemanenan. Adapun lama budidaya dari pembibitan sampai panen pertama adalah 4 bulan. Persemaian dibuat dalam rak yang diberi naungan (dalam hal ini ruangan persemaian). Kemudian buat campuran media semai 2 ember tanah ditambah 1 ember pupuk kandang dan 150 gr SP36 (atau 80 gr NPK) dihaluskan, lalu tambah karbofuran 75 gr, lalu diayak. Dari 90%-nya bisa dijadikan 300-400 polybag. Selanjutnya benih ditanam dalam polybag/ plastik semai ukuran 4x6 cm, dibuat lubang semai 0.5 cm dan ditutup tanah halus atau abu. Bibit dapat dipindah ke lapang setelah 17-21 hari.

bbpplembang budidaya cabaikeritingbbpplembang budidaya cabaikeritingTahap selanjutnya adalah pengolahan tanah dengan bajak/traktor/cangkul dengan kedalamannya 30-40 cm. Tanah diberi pupuk kandang sebagai pupuk dasar dengan dosis 2-4 kg per tanaman.. Membuat bedengan dengan lebar 110-120 cm, tinggi 30-40 cm, dan jarak antar bedeng 60-70 cm. Panjang bedeng disesuaikan dengan panjang lahan. Selanjutnya dilakukan pemasangan mulsa pada saat terik matahari dan mulsa tersebut diberi lubang tanam. Adapun jarak tanam adalah 60 x 60 cm.

Kegiatan penanaman dilakukan pada pagi atau sore hari. Sehari sebelumnya, lahan diairi bersamaan dengan pembuatan lubang tanam pada mulsa (plastik). Lepaskan polybag tanpa merusak akar, lalu tanam, dan siram secukupnya (media semai menyatu dengan tanah). Segera tutup dengan tanah bila akar terlihat. Pemupukan lanjutan menggunakan NPK Mutiara setelah 15 hari tanam dengan dosis 2,5 gram per tanaman. Pemupukan lanjutan/susulan dilaksanakan sampai 3 kali di mana dosis meningkat sampai 5 gram per tanaman. Setelah 4 bulan, panen pertama cabai merah keriting dapat dilaksanakan.


Sumber Pustaka:

Food and Agriculture Organization. 2017. Good Agricultural Practices (GAP) Budidaya Cabai yang Baik dan Benar. Jakarta: FAO dan Kementerian Pertanian.

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783