P4S Lembang Agri, Mewujudkan Kemandirian Petani

23October2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai P4S Lembang Agri, Mewujudkan Kemandirian Petani

P4S Lembang Agri, Mewujudkan Kemandirian Petani

bbpplembang p4s lembangagri1bbpplembang p4s lembangagri1Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian memiliki Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) binaan yang berlokasi di Kampung Pengkolan RT 02/08 Desa Cikidang Kecamatan Lembang, adalah P4S Lembang Agri. Berawal dari keinginan untuk mengubah pola pikir petani di sekitar lokasi P4S yang dalam berbudidaya tanaman belum bisa menerapkan budidaya tanaman yang baik karena masih menerapkan cara budidaya tradisional sehingga hasil panen kurang maksimal, menjadi bagaimana melakukan budidaya tanaman yang berorientasi pasar. Maka didirikanlah P4S Lembang Agri pada tanggal 28 Oktober 2010. Selain sebagai tempat pelatihan, P4S Lembang Agri juga merupakan tempat permagangan untuk peserta yang ingin belajar tentang pertanian khususnya budidaya tanaman sayuran dataran tinggi.

P4S Lembang Agri kini berada pada kelas Utama. Dengan visi “Menjadi P4S Model dan Modern Tingkat Nasional serta Menjadi Lembaga Pelatihan dan Permagangan Profesional yang dapat Meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap Petani dalam Berusaha Tani”. Misinya yaitu: 1) Menjadi pusat pendidikan bagi P4S/kelompok tani/petani/lembaga/instansi terkait dari dalam maupun luar daerah, 2) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani, 3) Membantu mensejahterakan dan memberdayakan petani melalui teknologi pertanian yang ramah lingkungan, 4) Membentuk petani yang berakhlaqul karimah, komitmen tinggi, serta jiwa leadership dan entrepreneurship, 5) Mewujudkan sistem pertanian organik.

bbpplembang p4s lembangagribbpplembang p4s lembangagribbpplembang p4s lembangagri2bbpplembang p4s lembangagri2Selama 8 tahun kiprah P4S Lembang Agri dalam pengembangan SDM pertanian. Telah banyak instansi, perusahaan dan lainnya yang datang baik dalam bentuk kunjungan, magang, atau pelatihan. Contohnya yaitu Dinas Pertanian Papua, Dinas Pertanian Jambi, Bank Indonesia, Bank of Srilanka, tercatat pernah melakukan kunjungan ke P4S Lembang Agri untuk belajar tentang pertanian dan pengelolaan P4S. Siswa-siswi dari SMKN PP Gegerkalong dan Politeknik Negeri Lampung kerap magang di P4S Lembang Agri untuk belajar dan praktik bagaimana budidaya tanaman sayuran dataran tinggi yang baik. 

Pelatihan yang ditawarkan di P4S Lembang Agri yaitu diantaranya pelatihan budidaya cabai, tomat, buncis, brokoli, pengolahan sayuran, pembuatan pestisida organik, pembuatan pupuk organik, budidaya hidroponik, pelatihan penguatan kelembagaan tani dan manajemen usahatani. Saat ini, Ketua P4S Lembang Agri, Dodih, juga merupakan Ketua BAVAS (Bandung Vegetables Station), suatu korporasi yang bergerak dibidang pemasaran sayuran baik skala pasar dalam negeri maupun ekspor, yang dibentuk oleh BBPP Lembang dan Taiwan Technical Mission sejak tahun 2017.

Salah seorang pengelola P4S Lembang Agri, Dadang Darsita menyatakan harapannya saat ditemui, Kamis (09/08/2018) “Peran P4S di masyarakat sangat penting untuk mentransfer ilmu kepada petani sesuai perkembangan dunia pertanian saat ini. Kami sebagai pengelola P4S Lembang Agri terus berupaya melakukan pengelolaan P4S dengan baik dan terus melibatkan generasi muda untuk menciptakan regenerasi pertanian yang dapat memajukan pertanian di Indonesia”. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783