P4S Kenanga Menciptakan Wirausaha Bidang Pengolahan Hasil Pertanian

14November2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai P4S Kenanga Menciptakan Wirausaha Bidang Pengolahan Hasil Pertanian

P4S Kenanga Menciptakan Wirausaha Bidang Pengolahan Hasil Pertanian

bbpplembang P4SKenanga2bbpplembang P4SKenanga2Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Kenanga yang berlokasi di Jakarta Selatan merupakan salah satu P4S binaan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian. P4S ini berdasarkan hasil reklasifikasi tahun 2018 oleh BBPP Lembang, masuk kedalam kategori P4S Utama, karena dari sisi aktivitas permagangan dan kegiatan pertanian sudah baik.

bbpplembang P4SKenangabbpplembang P4SKenangaP4S ini bergerak dibidang pengolahan hasil pertanian dengan memanfaatkan komoditas pertanian seperti singkong, pisang, papaya, dan kolang-kaling menjadi aneka produk olahan yaitu keripik singkong, singkong pelangi, bbpplembang P4SKenanga1bbpplembang P4SKenanga1manisan pepaya, dan manisan kolang-kaling. Besaran produksi olahan singkong menjadi keripik singkong dengan branding “Cantir” mencapai 1 kwintal atau setara 350 bungkus, dengan pemasaran ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi serta beberapa kali mengirimnya ke Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam. Sedangkan untuk manisan papaya dan kolang-kaling serta singkong pelangi diproduksi bila ada permintaan saja.

Untuk pelatihan, P4S yang diketuai oleh Muslimah, menawarkan beberapa paket pelatihan seperti Pelatihan Kewirausahaan dan Pelatihan tentang Pelayanan Prima.  Tujuan pelaksanaan pelatihan yaitu membangkitkan motivasi masyarakat untuk berwirausaha, menanamkan jiwa kewirausahaan, memupuk kepribadian yang berinovasi, dengan tujuan akhir mengurangi kemiskinan dan pengangguran.

Muslimah menyampaikan kesannya mampu berbagi ilmu dan keterampilan yang dimiliki selama mengelola P4S kepada masyarakat, Selasa (14/08/2018), “Menjadi P4S, sangat terasa maknanya saat mampu mengedukasi masyarakat, dari mulai hal yang sederhana misalnya bercocok tanam menggunakan polybag, proses pasca panen dan pengolahan hasil pertanian yang mudah dan bisa mulai dari nol, sebab bahan baku melimpah dengan pengolahan menggunakan peralatan sederhana yang relatif tersedia untuk skala kecil terlebih dahulu”. (chetty)

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783