Peran P4S Bina Tani Sejahtera dalam Peningkatan SDM Pertanian

14November2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Peran P4S Bina Tani Sejahtera dalam Peningkatan SDM Pertanian

Peran P4S Bina Tani Sejahtera dalam Peningkatan SDM Pertanian

bbpplembang P4SBintara2bbpplembang P4SBintara2Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya Bina Tani Sejahtera atau terkenal dengan sebutan P4S Bintara, merupakan salah satu P4S binaan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang yang berlokasi di Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. P4S yang masuk kedalam kelas Madya ini berdiri sejak 17 Juli 2010.

bbpplembang P4SBintarabbpplembang P4SBintaraP4S Bintara bergerak dibidang budidaya padi. Jenis pelatihan yang ditawarkan yaitu Kewirausahaan, Budidaya Padi Organik, Budidaya Padi Konvensional, Penangkaran Benih Padi, Hama dan Penyakit Tanaman Padi. Jenis usaha yang dilakukan secara off farm hulu adalah budidaya padi konvensional, pembuatan pupuk kompos, dan supplier padi.  Untuk on farm, P4S ini bergerak dibidang budidaya padi organik dan penangkaran benih padi. Sedangkan untuk off farm hilir yaitu pengemasan benih dan pemasok beras.

bbpplembang P4SBintara1bbpplembang P4SBintara1Kegiatan yang dilaksanakan oleh P4S Bintara telah memberikan kontribusi keteladan, ketokohan dan memberikan motivasi kepada para petani mulai dari tingkat kelompok, gapoktan,  ditingkat Kabupaten, Provinsi dan  Internasional. P4S  Bintara  telah mendapat kunjungan peserta dari Negara Ghana, Negara Etiophia, Negara Zambia, Negara Madagaskar yang bergerak dibidang pertanian sehingga membawa perubahan antara lain mengubah pola pikir petani dalam berorganisasi, manajemen usaha tani, budidaya, pengelohan hasil sampai dengan pemasaran hasil pertanian. Penghargaan dan pengakuan dari masyarakat antara lain berupa penghargaan menjadi tempat pelatihan dan permagangan, Klinik Konsultasi dan Narasumber bagi pengelolanya. Dilihat dari lulusan petani yang telah mendapat pelatihan di P4S Bina Tani Sejahtera mereka pada umumnya dapat mampu meningkatkan produktivitas, menerapkan sistem Jajar Legowo (Jarwo) 2:1 dan teknologi lainnya.

P4S Bintara memiliki visi “Meningkatkan Sumberdaya Petani melalui Diklat dan Magang di P4S”. Sedangkan misinya yaitu:  1) Mencerdaskan Para Petani, 2) Meningkatkan Manajerial Agribisnis, 3) Adopsi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 4) Kompeten dalam Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan. Tujuan yang ingin dicapai dalam pendirian P4S Bintara, yaitu: 1) Memberikan pelayanan pelatihan dan magang kepada masyarakat tani, 2) Menjaga, memelihara dan mengoptimalkan kegiatan P4S, 3) Meningkatkan kinerja dalam pengembangan usahatani sehingga dapat meningkatkan fungsi layanan P4S, 4) Membantu petani dalam melakukan pengembangan budidaya pertanian dan  pengelolaan P4S dengan pendekatan partisipatif, 5) Meningkatkan produksi pertanian sejalan dengan program pemerintah dalam ketahanan pangan, 6) Petani semakin termotivasi untuk bergabung dalam mengikuti pelatihan sekaligus menerapkannya sehingga bisa meningkatkan produksi serta meningkatkan taraf hidup petani (daya beli).

Dadang Sulaeman, Ketua P4S Bintara menyampaikan, Senin (20/08/2018), “Peran P4S sebagai tempat pelatihan dan permagangan bagi petani, sangat terjangkau baik dari tempat maupun biaya dan ketauladanan yang dekat di hati petani karena di P4S banyak tumbuh inovasi pertanian”. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783