26September2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Pengelola P4S Belajar Korporasi Pertanian dari Expert Jepang

Pengelola P4S Belajar Korporasi Pertanian dari Expert Jepang

bbpplembang bimtek kelembagaanpetani2bbpplembang bimtek kelembagaanpetani2LEMBANG. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Kelembagaan Petani selama 3 hari efektif mulai tanggal 30 Juli – 2 Agustus 2018. Hadir pada kegiatan ini  Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Widi Hardjono, Kepala BBPP Lembang, Bandel Hartopo, para bbpplembang bimtek kelembagaanpetani1bbpplembang bimtek kelembagaanpetani1pengelola P4S, penyuluh pendamping, Pengelola Bandung Vegetables Station (BAVAS). Menarik pada acara kali ini karena turut hadir 3 orang expert dari Jepang pengelola Koperasi Pertanian JA Miyazaki.

bbpplembang bimtek kelembagaanpetani4bbpplembang bimtek kelembagaanpetani4Para expert dari Jepang didatangkan agar bisa secara langsung sharing dengan para pengelola P4S, baik tentang budidaya pertanian, pengelolaan kelembagaan petani dan yang utama bagaimana mengatasi permasalahan dalam pemasaran selama ini yang kerap dihadapi oleh para petani, melalui pembentukan koperasi dan manajemen didalamnya. Widi Hardjono menyampaikan “Pada kesempatan ini, mari kita belajar bersama kepada Expert Jepang, karena ada beberapa hal yang bisa kita ambil dari mereka yaitu bagaimana kerja keras, komitmen, kejujuran, disiplin, sehingga kita dapat mengelola kelembagaan petani dengan baik”.

bbpplembang bimtek kelembagaanpetani3bbpplembang bimtek kelembagaanpetani3bbpplembang bimtek kelembagaanpetanibbpplembang bimtek kelembagaanpetaniSelama berada di balai, Expert Jepang dan juga para peserta Bimtek berkeliling di lahan praktik BBPP Lembang untuk melihat proses pembelajaran pertanian langsung yang ada di balai, mulai dari on farm hingga off farm. Selain itu mereka juga diajak untuk mengunjungi P4S Lembang Agri sebagai salah satu P4S yang berhasil dalam pengelolaan manajemen P4S dan proses budidayanya hingga mampu menembus pasa ekspor untuk komoditas sayuran. Expert Jepang memberikan masukan secara teknis budidaya pertanian yang baik saat berkunjung ke lahan praktik di BBPP Lembang dan juga di P4S Lembang Agri, dan juga sharing knowledge tentang pengelolaan kelembagaan yang baik. Prinsip di Jepang bahwa mereka yang tergabung dalam koperasi pertanian adalah “All for one and one for all, suatu kelembagaan akan berhasil bila setiap anggotanya bisa saling bantu, jujur, percaya, dan tidak lelah untuk selalu berbuat baik”, seperti yang diungkapkan oleh Mr. Shinici Miaki, salah seorang expert saat mempresentasikan tentang JA Miyazaki. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783