Rapat Koordinasi Penyelenggaran Pelatihan BBPP Lembang

21August2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Rapat Koordinasi Penyelenggaran Pelatihan BBPP Lembang

Rapat Koordinasi Penyelenggaran Pelatihan BBPP Lembang

bbpplembang rapatyandikbbpplembang rapatyandikLEMBANG. Jumat (10/05/2019), Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyelenggaran Pelatihan. Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Ramadani Saputra, dihadiri oleh Pejabat Struktural Eselon III dan IV dan Pejabat Fungsional Widyaiswara serta Fungsional Umum BBPP Lembang.

Mengawali rapat, Kabid Penyelenggaraan Pelatihan mempresentasikan tentang rencana kegiatan penyelenggaraan pelatihan tahun 2019 yang akan dilaksanakan. “Kegiatan pelatihan yang akan diselenggarakan sepanjang Tahun 2019 diantaranya Pelatihan Teknis Tematik, Pelatihan Vokasi dan Sertifikasi, Pelatihan di P4S, Pelatihan Teknis Agribisnis Sayuran dengan Metode Onsite Training Model, dan Pelatihan Kerjasama, dengan sasaran pelatihan penyuluh maupun petani serta job seeker dan job creator”, jelas Ramadani. Pelatihan Teknis Tematik yang akan dilaksanakan untuk komoditas tanaman pangan dan hortikultura. Pelatihan Vokasi dilaksanakan sebanyak 6 angkatan: 1) Pelatihan Vokasi bagi Pelaksana Budidaya Krisan Potong, 2) Pelatihan Vokasi bagi Pelaksana Budidaya Anggrek, 3) Pelatihan Vokasi bagi Pelaksana Kultur Jaringan, 4) Pelatihan Vokasi Pengelola Pengolahan Hasil Pertanian, dan 5) Pelatihan Vokasi Pelaksana Hidroponik. Sedangkan untuk kegiatan Sertifikasi Profesi mencakup 6 kegiatan sertifikasi profesi teknis dan 3 kegiatan sertifikasi profesi penyuluh.

Dijelaskan pula oleh Ramadani tentang Rencana dan Strategi Implementasi Penyelenggaraan Pelatihan. “Untuk Pelatihan Vokasi, rencana kegiatan berbentuk magang dan pola pelatihan blended learning”. Pelatihan saat ini harus sudah mengarah untuk memenuhi kebutuhan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) sehingga tuntutannya harus bekerjasama dengan perusahaan. Untuk Kegiatan Penguatan Kelembagaan Swadaya melalui Kegiatan Penguatan P4S dengan dampaknya mendukung penumbuhan petani milenial, akan menyelenggarakan kegiatan: 1) Penguatan P4S, 2) Bimtek bagi Pembina, Forum Komunikasi, dan Pengelola P4S, 3) Pendampingan P4S, 4) Inventarisasi dan Klasifikasi P4S. 

Rapat diisi dengan diskusi hangat dari para peserta rapat untuk menjaring saran dan masukan untuk menyempurnakan perencanaan pelaksanaan kegiatan pelatihan. Kemudian ditentukan rencana jadwal palang pelaksanaan pelatihan. Selanjutnya dijelaskan oleh salah seorang Widyaiswara, Rokhedi, dan Kepala Seksi Pelatihan Aparatur, Iwan Kurnia, tentang hasil pertemuan Pembahasan Pelatihan Vokasi yang telah diadakan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian beberapa waktu lalu. (Chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783