Observasi Lapang Peserta Pelatihan Fungsional Kewirausahaan Provinsi Jawa Tengah

16September2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Observasi Lapang Peserta Pelatihan Fungsional Kewirausahaan Provinsi Jawa Tengah

Observasi Lapang Peserta Pelatihan Fungsional Kewirausahaan Provinsi Jawa Tengah

bbpplembang orientasilapang bpsdmjatengbbpplembang orientasilapang bpsdmjatengLEMBANG. Tiga puluh orang Penyuluh Pertanian peserta Pelatihan Fungsional Kewirausahaan dari Provinsi Jawa Tengah, melakukan Observasi Lapang sebagai bagian dari proses pelatihan, ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Selasa (13/08/2019). Rombongan diterima secara resmi oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi, M. Iski Suharno yang didampingi oleh Pejabat Struktural dan Fungsional Widyaiswara.

bbpplembang orientasilapang bpsdmjateng1bbpplembang orientasilapang bpsdmjateng1Marini Hasid, Kasubid Pengembangan Kompetensi Teknis Jabatan Fungsional Badan Pengembangan SDM Pertanian Daerah Jawa Tengah, menyampaikan “Observasi Lapang ini merupakan rangkaian kegiatan pelatihan bertujuan untuk memperluas wawasan pengetahuan praktik. BBPP Lembang menjadi tempat benchmarking yang tepat bagi peserta pelatihan”, jelasnya. “Kami harap, dalam kegiatan ini peserta bisa ATM amati tiru modifikasi setiap obyek yang dilihat, sebagai salah satu prinsip penyuluhan”, tegas Marini.

“Menjalani proses Orientasi Lapang ini, kami harap dengan SEDAP, artinya aktif dan powerful, sehingga diharapkan peserta bisa POL profesional, oke dan lihai”, ungkap Iski, dalam sambutan selamat datang.

bbpplembang orientasilapang bpsdmjateng2bbpplembang orientasilapang bpsdmjateng2Selanjutnya, dibagi menjadi 3 kelompok, peserta melakukan observasi ke 3 lokasi yang berbeda, yaitu ke Zona Kawasan Rumah Pangan Lestari, Packing House, dan ke P4S Lembang Agri. Di KRPL, peserta dipandu oleh Widyaiswara Spesialisasi Penyuluhan, Rokhedi, menggali informasi tentang pertanian terpadu sayuran-ternak-ikan, yang diterapkan di KRPL, dan teknologi pertanian hidroponik berbagai sistem yang diterapkan seperti DFT, NFT, dan aquaminaponik. Di Packing House, peserta dipandu oleh Widyaiswara Spesialisasi Budidaya sekaligus Counterpart kerjasama BBPP Lembang dan Taiwan ICDF, Yeyep Dintan, diperlihatkan masing-masing ruangan dan fungsi yang ada di Packing House dan fungsinya. Di P4S Lembang Agri, peserta memperoleh penjelasan dari Ketua P4S, Dodih, tentang kelembagaan P4S, Kelompok Tani dan Gapoktan yang dikelola, proses pengembangan SDM pertanian dan budidaya sayuran dari hulu hingga hilir. Peserta diajak ke Packing House milik P4S Lembang Agri dan praktik wrapping sayuran head lettuce. (Chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783