Mahasiswa UPI Siap Terjun ke Masyarakat sebagai Agent of Change

05April2020

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Mahasiswa UPI Siap Terjun ke Masyarakat sebagai Agent of Change

Mahasiswa UPI Siap Terjun ke Masyarakat sebagai Agent of Change

bbpplembang magangUPI-pelepasan1bbpplembang magangUPI-pelepasan1LEMBANG. Setelah melaksanakan magang Program Pengalaman Lapang di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang selama 3 bulan mulai 21 September-20 Desember 2019, 4 orang mahasiswa-mahasiswi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) jurusan Pendidikan Masyarakat melakukan seminar hasil sebagai bentuk pertanggungjawaban selama magang. Seminar dihadiri oleh Pejabat Struktural dan Fungsional Widyaiswara BBPP Lembang, Senin (23/12/2019).

bbpplembang magangUPI-pelepasanbbpplembang magangUPI-pelepasanSalah seorang mahasiswa yang mewakili, Aldi, mempresentasikan tentang kegiatan yang dilakukan belajar dan praktik di BBPP Lembang. Keempat mahasiswa dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama ditempatkan di Seksi Pelatihan Non Aparatur Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, dan Seksi Evaluasi dan Pelaporan Bidang Program dan Kerjasama. “Selama berada disini kami banyak belajar tentang proses pelatihan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pelatihan.” Jelasnya. “Kami membantu proses administrasi pelatihan yaitu melakukan ceklist persiapan pelatihan mulai dari administrasi persuratan, kelengkapan peserta, proses pelatihan, dan membantu proses input data evaluasi penyelenggaraan pelatihan mulai dari monitoring daily mood, evaluasi sikap dan perilaku,  evaluasi pemahaman materi, evaluasi terhadap fasilitator, evaluasi harapan dan kenyataan kepuasan, serta monitoring kunjungan lapang”. “Terimakasih BBPP Lembang dan semua pihak yang telah mengajarkan kami arti sebuah dunia nyata dibidang pelatihan pertanian”, ujarnya.

bbpplembang magangUPI-pelepasan2bbpplembang magangUPI-pelepasan2Diskusi terjalin setelah presentasi mahasiswa, masukan dan koreksi yang membangun disampaikan dari pihak BBPP Lembang maupun dari mahasiswa. Dr. Jajat, Ketua Prodi Pendidikan Masyarakat UPI menyampaikan, “pembelajaran di BBPP Lembang selama 3 bulan ini adalah pembelajaran yang terus menerus nantinya, waktu yang cukup sebagai bekal nanti terjun ke masyarakat. Banyak ilmu praktis diperoleh yang tidak dirasakan di bangku kuliah”, jelasnya. “Saran saya untuk perbaikan laporan, temukan isu kritis dan berikan alternatif kepada BBPP Lembang.”

Yusuf Hidayat, Widyaiswara BBPP Lembang sekaligus pembimbing menyampaikan, “Di lembaga pelatihan tidak lepas dari proses pembelajaran, terutama dalam menghadapi tugas akhir. Mudah-mudahanan proses learning by doing di BBPP Lembang bisa memberikan manfaat bagi mahasiswa setelah lulus kuliah untuk terjun ke masyarakat.” (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783