E-Learning, Metode Pembelajaran Pertanian Kekinian untuk Mendukung Program Kostratani

05April2020

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai E-Learning, Metode Pembelajaran Pertanian Kekinian untuk Mendukung Program Kostratani

E-Learning, Metode Pembelajaran Pertanian Kekinian untuk Mendukung Program Kostratani

bbpplembang elearningbbpplembang elearningLEMBANG. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai UPT Pusat Pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian, sudah sejak beberapa tahun lalu tepatnya sejak tahun 2015 menerapkan metode pelatihan Elearning sebagai alternatif model pelatihan diantara metode pelatihan konvensional yang dilaksanakan. Sejak tahun 2016, BBPP Lembang juga melaksanakan pelatihan Pemanfaatan Pekarangan dan 2017 Pelatihan Budidaya Bawang Merah dengan metode  Blended Learning yang memadukan pelatihan online dan offline.

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo menggaungkan Program Kostratani pada tahun 2019 dengan memfokuskan kegiatan pertanian di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) tingkat kecamatan, salah satunya BPP menjalani fungsi sebagai pusat informasi dan pembelajaran. Karenanya, sepanjang awal tahun 2020 ini, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang ikut berpartisipasi aktif dalam Program Kostratani dengan memproduksi materi pembelajaran tentang pelatihan pertanian yang memanfaatkan teknologi informasi, yaitu dalam bentuk video. Video Pelatihan Pasca Panen dan Pengolahan Hasil Cabai, Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik, Pelatihan Budidaya Bawang Merah, Pelatihan Pemanfaatan Lahan Pekarangan, dan Pelatihan Zoom adalah video-video yang sudah selesai diproduksi. Kini, Video Pelatihan Kultur Jaringan sedang proses produksi.

Kamis (30/01/2020), Tim Website BBPP Lembang sebagai tim kreatif pembuatan media pembelajaran Elearning, Widyaiswara Spesialisasi Budidaya khususnya Kultur Jaringan, Pengelola Laboratorium Kultur Jaringan, dibantu oleh para siswa SMK yang sedang PKL,mulai melakukan proses shooting berlokasi di Laboratorium Kultur Jaringan. Naskah video, peralatan produksi video, peralatan dan bahan untuk proses kultur jaringanm dan aktor aktris video telah disiapkan dengan baik. Video ini akan menjelaskan dengan rinci bagaimana proses kultur jaringan dengan komoditas pisang Cavendish. Setelah proses shooting, akan dilakukan proses editing video dan finalisasi video yang nantinya akan diupload ke website elearning.puslatan.com dimana sudah terkumpul banyak video disana dari seluruh UPT Pelatihan yang akan menjadi sarana pembelajaran bagi penyuluh dan petani di semua BPP seluruh Indonesia. (chetty) 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783