Giat Penyuluh dan Petani Menanam Sayuran di Lahan Demplot

27October2020

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Giat Penyuluh dan Petani Menanam Sayuran di Lahan Demplot

Giat Penyuluh dan Petani Menanam Sayuran di Lahan Demplot

bbpplembang BPPCigalontang Demplotbbpplembang BPPCigalontang DemplotTASIKMALAYA. Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Cigalontang yang berlokasi di Kabupaten Tasikmalaya, merupakan salah satu dari sekian ribu model BPP Kostratani binaan Kementerian Pertanian yang aktif mendukung Program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani). Kostratani dicanangkan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yang menjadikan BPP sebagai pusat pembangunan pertanian.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi menyampaikan, Selasa (06/10/2020), saat ini sudah ada 5.685 BPP yang sudah terkoneksi dengan Agriculture War Room (AWR), artinya fungsi BPP sebagai pusat data dan informasi sudah berjalan ”, jelas Dedi. Strategi yang dilakukan dalam mempercepat BPP menjadi pusat gerakan pembangunan pertanian diantaranya adalah dengan mengoptimalkan fasilitas yang ada di BPP Kostratani, salah satunya lahan demplot sebagai sarana pembelajaran penyuluh kepad

a petani.

Model BPP Kostratani ini dibawah koordinasi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. Geliat aktivitas BPP Cigalontang terlihat setiap hari, mulai dari melakukan pendampingan rutin kepada petani binaan masing-masing, melaksanakan program-program pemerintah yang mendukung program pembangunan pertanian baik level daerah maupun pusat, juga aktivitas penyuluh dan petani dalam memberdayakan lahan demplot di BPP Cigalontang.

Penyuluh dan petani melakukan aktivitas penanaman cabai merah varietas Tanjung yang ditumpangsarikan dengan bawang daun didalam screen house seluas 450m2, yang terdiri dari 450 tanaman cabai merah dengan usia semai 20 hari dan 200 tanaman bawang daun.

“Semoga hasilnya bagus dan harga jualnya tinggi nantinya”, harap Koordinator BPP Cigalontang, Ujang Rukman. “Perkiraan produksi untuk cabai merah 4-5 kuintal, dan bawang daun 1-1,6 kuintal”, jelasnya lagi. Hasil panen biasanya dipasarkan langsung ke konsumen dan dijual saat ada bazaar di Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya, dan dilakukan pengemasan sayuran sehingga nilai jualnya lebih tinggi. (Chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783