Bantuan Sosial Komoditas Sayuran Dari dan Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

30November2020

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Bantuan Sosial Komoditas Sayuran Dari dan Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Bantuan Sosial Komoditas Sayuran Dari dan Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

bbpplembang Bansos Cililinbbpplembang Bansos CililinCILILIN. Sebagai salah satu bentuk kepedulian bagi masyarakat yang terdampak covid-19, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Taiwan Technical Mission (TTM) dan Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Cililin yang juga merupakan salah satu model BPP Kostratani binaan BBPP Lembang, melalui Kelompok Tani Padaringan Desa Budiharja Kecamatan Cililin, memberikan bantuan sosial berupa komoditas sayuran dan bahan pangan lainnya kepada Pondok Pesantren Al-Majadiyyah Kecamatan Cililin. Bantuan sosial ini merupakan bagian dari kegiatan kerjasama BBPP Lembang dan TTM yang sudah berjalan dari tahun 2015. Bahan pangan dan sayuran yang disumbangkan yaitu cabai merah 40 kg, tomat 100 kg, bawang merah 50 kg, kubis 90 kg, beras 250 kg, minyak goreng 6 dus, terigu 65 kg, dan ikan nila 150 kg.

Acep Yusup, Koordinator Penyuluh di BP3K Kecamatan Cililin menyampaikan rangkaian kegiatan yang dilakukan mulai dari bulan Februari 2020. “Di Kecamatan Cililin sudah pernah dilaksanakan Pelatihan Teknis Tematik Cabai Merah. Setelah itu juga ada kegiatan pendampingan demplot di Desa Budiharja. Kegiatan lainnya adalah program bantuan sosial ini, jelasnya. “Setiap petani mengajukan sarana produksi kemudian saat panen 90% sayuran akan disumbangkan ke yayasan/pondok pesantren yang terdampak covid-19 sehingga ini merupakan program dari dan oleh petani”, imbuh Acep.

Dewi Padmisari, Widyaiswara BBPP Lembang sekaligus Counterpart memberikan penjelasan tentang program kegiatan bansos ini, “Penyerahan bantuan sosial terdampak covid-19 berupa produksi sayuran merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian ‘Strengthening Bandung Agribusiness Incubation and Development Project’ kerjasama Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang dan Taiwan Technical Mission (TTM)”, jelas Dewi. “Kegiatan ini tidak putus, mulai dari pelatihan, pendampingan demplot, program bantuan sosial hingga pendistribusian bansos”, ujarnya lagi.

“Kami mengapresiasi bantuan ini dalam bentuk hasil panen sayuran. Kami sangat senang dengan bantuan ini. Mudah-mudahan kebaikan ini bermanfaat dan diberkahi Allah SWT”, ujar Olih, Kepala Pondok Pesantren Al-Majadiyyah Kecamatan Cililin.

Kepala Balai, Kemal Mahfud, dalam sambutannya menyampaikan, “tujuan pemberian bantuan sosial berupa sayuran ini karena di masa pandemic covid-19 ini sangat membutuhkan asupan gizi yang bagus agar imunitas tubuh terjaga dan komoditas sayuran ini salah satu sumber pangan penjaga imunitas tubuh, dan ini salah satu bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat yang terdampak covid-19”, ungkap Kemal. “saya pesan agar kita jaga bersama-sama ketahanan pangan karena kita semua membutuhkan pangan untuk daya tahan tubuh”, ujarnya saat menutup sambutan. (chetty)

Ini sejalan dengan arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, “pandemic covid-19 ini mewajibkan kita semua untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi pangan yang sehat dan bergizi, karena yang terpenting adalah sehat agar kita tetap bisa menjalani aktivitas dengan baik”, ungkap Dedi. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783