Kepala BPPSDMP:Pembentukan Karakter Dibutuhkan untuk Dukung Pembangunan Pertanian

30November2020

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Kepala BPPSDMP:Pembentukan Karakter Dibutuhkan untuk Dukung Pembangunan Pertanian

Kepala BPPSDMP:Pembentukan Karakter Dibutuhkan untuk Dukung Pembangunan Pertanian

bbpplembang peresmianmasjidbbpplembang peresmianmasjid

JAWA BARAT – Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, mengatakan pembentukan karakter insan pertanian juga dibutuhkan dalam pembangunan pertanian.

Hal tersebut disampaikan Dedi Nursyamsi saat meresmikan Masjid Al-Hikmah Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, dan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah, Jumat (6/11/2020). Hadir dalam peresmian, Kepala BBPP Lembang, Kemal Mahfud, dan juga seluruh pegawai BBPP Lembang.

“Mari menjadikan Masjid Al-Hikmah di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang ini selain sebagai tempat ibadah, juga sebagai center of excellent peradaban pembangunan pertanian bagi peserta pelatihan dan seluruh insan pertanian lingkup BBPP Lembang, Lingkup Jawa Barat, se-tanah air, dan juga bahkan dunia internasional,” tutur Dedi Nursyamsi.

Menurutnya, masjid harus bisa menjadi tempat pembentukan karakter, etos kerja, displin tinggi para insan pertanian.

Ditambahkannya, hikmah dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah perilaku, akhlak dan budi pekerti Rasulullah itu sangat luar biasa, yaitu selalu merujuk ke Al-Quran.

“Kita bisa meneladani Rasulullah, bagaimana hubungan dengan Allah SWT, bagaiman hubungan dengan keluarga dan sesama, dan bagaimana hubungan kita dengan makhluk lainnya ciptaan Allah SWT,” ujar Dedi.

Dalam kesempatan itu, Dedi Nursyamsi meresmikan Masjid Al-Hikmah dengan menggunting pita di depan masjid, menandatangani prasasti dan memotong tumpeng sebagai bentuk rasa syukur telah selesainya renovasi masjid. Menurutnya, hal Ini menjadi motivasi kuat bagi seluruh jajaran pegawai BBPP Lembang untuk selalu memakmurkan masjid dan berkinerja lebih baik. Serta mendukung program Kementerian Pertanian dibidang pengembangan sumber daya manusia pertanian khususnya pelatihan, untuk mewujudkan kesejahteraan petani.

Di penghujung kunjungan, Kepala BPPSDMP membuka Kegiatan Mentan Sapa Petani dan Penyuluh Pertanian (MSPP) Volume 24 yang mengambil tema “Peran Inovasi Teknologi untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian”, di Ruang Agriculture Operational Room (AOR), didampingi Kepala Balai.

Kepala Balai, Kemal Mahfud menyampaikan rasa syukurnya atas terselesaikannya renovasi Masjid Al-Hikmah.

“Alhamdulillah Masjid Al-Hikmah ini kami bangun dari DIPA BBPP Lembang, dan sebagian dari kas masjid. Mari kita makmurkan masjid ini bersama-sama,” ajak Kemal.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pembangunan pertanian harus didukung berbagai sektor.

“Sektor pertanian mempunyai tren positif. Makanya harus terus kita kembangkan dan gali potensi pertanian Indonesia,” tuturnya.

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783