Koordinasi Kerjasama, Distan Kabupaten Cirebon Kunjungi BBPP Lembang

17October2021

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Koordinasi Kerjasama, Distan Kabupaten Cirebon Kunjungi BBPP Lembang

Koordinasi Kerjasama, Distan Kabupaten Cirebon Kunjungi BBPP Lembang

bbppl-dispatancirebonbbppl-dispatancirebon

Kamis (6/5) lima orang perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon yang terdiri dari Koordinator Penyuluh, Kepala Sie. Metodologi, dan Kepala Sie. SDM dan Penyuluhan melakukan kunjungan ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP Lembang). Kunjungan dilakukan dalam rangka koordinasi kerjasama pelatihan bagi petani di Kabupaten Cirebon.  

Kunjungan diawali dengan melihat langsung area BBPP Lembang mulai dari area hidroponik, lahan konvensional, budidaya tanaman dalam screen house, dan Rumah Pangan Lestari (RPL). Setelah berkeliling, rombongan selanjutnya diterima oleh Koordinator Program dan Evaluasi, Taufik Lukman, di ruang rapat kepala balai. Turut mendampingi Widyaiswara dan tim program BBPP Lembang. Dalam pertemuan dibahas tentang teknis pelatihan.  

"Kami ingin berkoordinasi dalam kerjasama pelaksanaan pelatihan untuk petani Kebupaten Cirebon. Pelatihan meliputi hidroponik, pestisida nabati, budidaya jagung manis, dan budidaya melon," jelas Witono, ketua rombongan dan koordinator penyuluh Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon menyampaikan maksud kedatangannya.  

Pelatihan akan dilaksanakan pada bulan Juni 2021 di BBPP Lembang. Pelatihan berfokus pada pemberdayaan masyarakat petani Kabupaten Cirebon dan akan diikuti oleh 40 orang petani. Lebih lanjut, Widyaiswara bersama tim program menjelaskan teknis pelaksanaan pelatihan dan sistem administrasi yang harus dipenuhi.  

Sebagai salah satu UPT Pelatihan Pertanian di bawah komando eselon I Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), BBPP Lembang berkomitmen untuk mencetak sumberdaya manusia pertanian yang unggul dan berdaya saing, salah satunya melalui kerjasama dalam pelatihan petani. Sesuai dengan arahan Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, yang menyatakan bahwa "SDM pertanian menjadi faktor pengungkit peningkatan produktivitas sektor pertanian, karenanya perlu ditingkatkan kapasitasnya". Sejalan dengan hal tersebut, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menegaskan, “pengembangan sumber daya manusia penting untuk mengoptimalisasikan sektor pertanian ke depan.”   

Melalui kerja sama pelatihan petani kali ini, BBPP Lembang dan Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon berharap petani mendapat ilmu dan pengalaman baru selama mengikuti pelatihan nanti. Harapannya, setelah pelatihan petani dapat menerapkan materi yang diterima dan menyebarluaskan kepada petani lain sehingga program pemberdayaan petani di Kabupaten Cirebon dapat berjalan sesuai harapan. 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783