Pekan Nasional XIII dibuka Wapres

18July2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Pekan Nasional XIII dibuka Wapres

Pekan Nasional XIII dibuka Wapres

bbppl-penas xiiibbppl-penas xiiiWakil Presiden RI Boediono didampingi Menteri Pertanian Suswono pada hari Sabtu, Tanggal 18 Juni 2011 membuka secara resmi Pekan Nasional (Penas) XIII Petani-Nelayan, di GOR Aji Imbut, Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

 

Pekan Nasional (PENAS) merupakan acara Pertemuan Kontak Tani Nelayan yang digagas oleh para Tokoh Tani Nelayan sejak tahun 1971. PENAS XIII Petani Nelayan 2011 merupakan kelanjutan hasil keputusan PENAS XII Tahun 2007 yang merupakan wahana bagi para petani nelayan seluruh Indonesia untuk melakukan konsolidasi, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil pertanian, perikanan dan kelautan dan kehutanan yang diselenggarakan secara teratur dan berkelanjutan.

 

Penas kali ini digelar mulai tanggal 18-23 Juni 2011 di Tenggarong, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Hampir setiap kontingen per-provinsi mengirim sekitar 30 petani dan nelayan untuk menjadi delegasinya.

 

Dalam acara yang dihadiri sekitar 30.000 petani dan nelayan dari seluruh Indonesia ini, Wapres, Boediono beserta rombongan meninjau gelar teknologi pertanian dan pameran pembangunan di tempat yang sama.  Wapres juga meninjau tempat pembenihan udang di Laukulu atau sekitar 1 KM dari GOR Aji Imbut.

 

Penas Petani dan Nelayan XIII ini merupakan forum pertemuan untuk saling bertukar informasi dan pengalaman antara para petani, nelayan dan seluruh pihak baik pemerintah maupun swasta. Acara yang digelar setiap empat tahun sekali ini juga bertujuan meningkatkan motivasi petani-nelayan dan menumbuhkan minat generasi muda pada bidang pertanian dan perikanan.

 

Kehadiran tokoh-tokoh Petani Nelayan, Kontaktani-Nelayan, dan Petani-Nelayan yang berhasil, merupakan kesempatan yang berharga untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, mereka diharapkan dapat memberi motivasi kepada petani-nelayan lainnya untuk saling berinteraksi dan bersinergis dalam memanfaatkan sumber daya alam pertanian yang tersedia di daerah masing-masing guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam rangka perbaikan mutu produksi pertanian dan peningkatan pendapatannya yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga tani-nelayan.

 

Tema PENAS XIII Petani Nelayan 2011 yang telah disepakati adalah: ”Melalui pemberdayaan petani nelayan dan penguasaan teknologi tepat guna kita kembangkan daya saing perekonomian nasional dalam rangka peningkatan pendapatan petani nelayan”.

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783