Halal Bihalal BBPP Lembang

21November2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Halal Bihalal BBPP Lembang

Halal Bihalal BBPP Lembang

Rabu, 15 September 2010
bbppl-halal bihalal 2010-dbbppl-halal bihalal 2010-dPukul 09.00 BBPP Lembang mengadakan silaturahmi dalam rangka Halal Bihalal Lebaran 1431 Hijriah. Halal Bihalal dihadiri oleh karyawan dan karyawati BBPP Lembang, Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan BBPP Lembang.

Acara dimulai dengan sandiwara singkat yang sangat menarik sehingga mendapat apresiasi dari seluruh hadirin, yang diperankan oleh beberapa pegawai BBPP Lembang. Makna dari sandiwara itu yaitu kita harus disiplin dan kerja keras dalam menjalani pekerjaan sehari-hari, harus bersabar danbbpp-halal bihalal 2010-1bbpp-halal bihalal 2010-1 bersyukur atas apa yang Allah SWT takdirkan kepada kita.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an Surat An-Nisa Ayat 1 yang berbunyi “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb kalian yang telah menciptakan kalian dari seorang diri (Adam), dan darinya, Allah menciptakan pasangannya (Hawa), lalu dari keduanya, Allah mengembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya, kalian saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasai kalian”.

Kepala Bagian Umum BBPP Lembang, Dr. Surachman Suwardi, Ir. MP menyampaikan bahwa bulan penuh hikmah, bulan Ramadhan yang telah berlalu, harus dapat memberikan semangat bagi kita sebagai pegawai negeri sipil untuk lebih berbakti kepada negara dalam wujud berkarya lebih baik dan disiplin dalam segala hal di 11 bulan berikutnya.

Acara inti, yaitu tausiyah dari Ustad KH. Fuad Affandi menyampaikan bahwa Halal Bihalal pada intinya yaitu etos kerja, disiplin dan kerja keras dalam melaksanakan tugas dan funsinya sehari-hari, sikap kita terhadap pihak lain yang tadinya haram dan berakibat dosa menjadi halal dengan jalan mohon maaf. Dari penjelasan tentang halal bihalal tersebut dapat diambil suatu inti yaitu menuntut upaya maaf memaafkan diantara kita. Hal itu tidak akan  terwujud bila tidak ada silaturahmi, yang sangat berkaitan erat dengan halal bihalal. Keduanya memiliki esensi yang sama dan tidak bias dipisahkan satu sama lain.

Halal bihalal lebih menekankan aspek silaturahmi yang merupakan perbuatan yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam, sehingga Rasulullah SAW dalam hadistnya bersabda yang artinya, “Barangsiapa yang menginginkan dipanjangkan usia dan dilimpahkan rizkinya, maka hendaknya ia menyambungkan tali silaturahmi”. (HR. Mutatfaq’Alalih). “Bukanlah silaturahmi orang yang membalas kunjungan atau pemberian, tetapi yang bersilaturahmi adalah menyambung apa yang diputus”. (HR. Bukhari)

Acara Halal Bi Halal Keluarga Besar BBPP Lembang diakhiri dengan Musafahah yaitu bersalam-salaman saling bermaaf-maafan terhadap kesalahan yang pernah diperbuat baik disengaja maupun tidak disengaja yang mungkin telah menorehkan luka di hati setiap insan.

bbpp-halal bihalal 2010-3bbpp-halal bihalal 2010-3bbpp-halal bihalal 2010-2bbpp-halal bihalal 2010-2

 

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783