Magang Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey-Menado

24July2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Magang Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey-Menado

Magang Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey-Menado

 

 

Magang Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey-Menado

 

Balai Pelatihan Teknis Pertanian KalaseyMenado mengadakan magang bagi petani, pendamping dan widyaiswara ke BBPP Lembang mulai tanggal 25 – 29 Oktober 2009. Jumlah peserta sebanyak 21 orang terdiri dari 16 orang widyaiswara dan staf  serta 5 orang petani yang merupakan Pengelola P4S, Ketua Kelompok Tani dan Ketua Gapoktan. Adapun tujuan dari magang ini yaitu ingin mengetahui bagaimana teknik budidaya khususnya bidang hortikultura dan ingin mengetahui bagaimana pengelolaan P4S.

 

bbppl-stubad kalasey-bpk.jpgbbppl-stubad kalasey-bpk.jpgKedatangan peserta magang diterima oleh Kepala BBPP Lembang, Drs. Suryowihardi, B.Sc, M.Si dan didampingi oleh pejabat Struktural dan Fungsional BBPP Lembang. Kepala Balai menjelaskan sekilas profil BBPP Lembang untuk dapat diketahui oleh peserta. Dan pada kesempatan itu peserta mengungkapkan permasalahan-permasalahan yang dihadapi di tempat kerjanya seperti kendala dalam memperoleh bibit dan sarana dan prasarana yang belum memadai. Teknik Kultur Jaringan merupakan salah satu solusi kemudahan memperoleh bibit/benih, seperti yang diungkapkan Manajer PIA BBPP Lembang, Ir. Hendra Gunawan, MP.  

bbppl-stubad kalasey-kuljar.jpgbbppl-stubad kalasey-kuljar.jpgUntuk melihat secara langsung kegiatan yang ada di BBPP Lembang, khususnya di Pusat Inkubator Agribisnis, peserta dibawa untuk melihat Laboratorium Kultur Jaringan, Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian, Green House Kentang sistem Aeroponik dan Tomat Cherry sistem Hidroponik. Kunjungan diakhiri di Green House Tanaman Hias.
 
 
 
 
 
 
bbppl-stubad kalasey-kentang.jpgbbppl-stubad kalasey-kentang.jpgbbppl-stubad kalasey-tomat.jpgbbppl-stubad kalasey-tomat.jpgbbppl-stubad kalasey-kaktus.jpgbbppl-stubad kalasey-kaktus.jpg
 
Keesokan harinya, peserta berkunjungan ke P4S Ginanjar I di Desa Panyingkiran Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang pimpinan Ibu Ketjih, untuk melihat kegiatan permagangan dan usaha agribisnis yang dikelola P4S tersebut. P4S Ginanjar I merupakan salah satu P4S yang terbilang maju usaha , nya khususnya di bidang pengolahan hasil. Untuk kegiatan permagangan, sudah banyak yang belajar ke P4S ini khususnya untuk teknik pengolahan hasil.       

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783