Kunjungan SMA Islamic Jakarta

22November2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Kunjungan SMA Islamic Jakarta

Kunjungan SMA Islamic Jakarta

 

Bermain sambil belajar di kebun kita……

 

bbpp-sma jkt islamic1.jpgbbpp-sma jkt islamic1.jpgPada hari Jumat 20 Februari 2009 pukul 12.30 WIB Pusat Inkubator Agribisnis BBPP Lembang kembali dipadati oleh anak-anak yang kiyut-kiyut. Yaa, mereka adalah siswa/siswi SMA Jakarta Islamic School Kelas II IPA sejumlah 234 orang yang didampingi oleh 6 guru dengan tujuan field trip tepatnya ingin mengenal lebih jauh tentang pertanian, all of!

 

Kedatangan mereka disambut oleh Kepala BBPP Lembang yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi, Ibu Ir. Rosana Suzy yang dalam sambutannya Beliau menyatakan apresiasi yang besar kepada pihak sekolah karena memiliki visi yang baik yaitu ingin mengenalkan dunia pertanian kepada anak-anak dari usia dini sehingga diharapkan anak-anak akan kenal dan cinta kepada pertanian dan akan meneruskan pendidikan yang lebih tinggi di bidang pertanian dan berharap dapat memajukan dunia pertanian.

    

bbpp-sma jkt islamic4.jpgbbpp-sma jkt islamic4.jpgSiswa/i ini dibagi menjadi 8 kelompok dan secara bergantian mengunjungi unit-unit yang ada di Pusat Inkubator Agribisnis, yaitu ke screen tanaman hias dimana mereka dapat melihat berbagai jenis tanaman kaktus dan anggrek.bbpp-sma jkt islamic5.jpgbbpp-sma jkt islamic5.jpg

 

Mereka juga diperlihatkan cara menempel kaktus/grafting dengan maksud mempercepat pertumbuhan dan memperbanyak kaktus. Di kelompok lain siswa/i mendapat penjelasan tentang tabulampot (tanaman buah dalam pot).

 

bbpp-sma jkt islamic2.jpgbbpp-sma jkt islamic2.jpgPada kebun jagung dan edamame disampaikan tentang budidaya jagung dan edamame serta pemasarannya dimana PIA BBPP Lembang bekerjasama dengan PT. Grace dan supermarket.

 

Pada instalasi laboratorium kultur jaringan mereka diberibbpp-sma jkt islamic6.jpgbbpp-sma jkt islamic6.jpg informasi bagaimana cara menggunakan teknik kultur jaringan untuk memperbanyak tanaman dan diperlihatkan alur kerja yang dimulai dari ruang persiapan, ruang tanam, ruang pembuatan media, ruang bahan dan ruang kultur.  


Di laboratorium pengolahan hasil  diterangkan bagaimana memanfaatkan produk pertanian untuk diolah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis tinggi dan disini mereka mendapat welcome drink berupa juice strawberry dan sirsak (mmhhh….suegerrrr tenan, rek!) bbpp-sma jkt islamic7.jpgbbpp-sma jkt islamic7.jpg

 

Setelah itu mereka melihat kumbung jamur dengan jamur yang sudah mulai bermunculan dari baglog2. Di kelompok lain sedang diberi penjelasan tentang sistem hidroponik tomat dan aeroponik kentang.

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783