Field Visit bersama Mentan RI

22July2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Field Visit bersama Mentan RI

Field Visit bersama Mentan RI

Field Visit bersama Mentan RI…...

 

bbppl-Kunker Menteri1.jpgbbppl-Kunker Menteri1.jpg Menteri Pertanian, Bapak Anton Apriyantono beserta jajaran Eselon I Lingkup Departemen Pertanian melakukan kunjungan kerja selama enam hari dari tanggal 27 Januari – 1 Februari 2009 lintas darat menyusuri daerah-daerah selatan Provinsi Banten, Jawa Barat (Kab. Sukabumi, Kab. Tasikmalaya dan Kab. Ciamis) dan sebagian daerah utara Jawa Tengah. Kunjungan ini dalam rangka monitoring dan evaluasi pembangunan pertanian. Untuk itu dalam kunjungan ini telah dilakukan observasi ke lokasi-lokasi kegiatan dilapangan dan berdialog langsung dengan masyarakat, petani dan pelaku usaha serta dengan petugas lapangan. Dalam dialog ini telah dapat ditangkap sejauh mana hasil dan manfaat pembangunan pertanian yang dirasakan oleh masyarakat, mendengarkan aspirasi pelaku agribisnis, permasalahan dan hambatan yang ditemui untuk ditindaklanjuti sebagai masukan dalam perumusan perencanaan dan kebijakan dimasa mendatang.
 
Salah satu kegiatan utama yang menjadi fokus pemantauan selama kunjungan kerja ini yaitu Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) dan Lembaga Mandiri yang Mengakar di Masyarakat (LM3). Dalam rangkaian kegiatan tersebut Pak Menteri dan rombongan berkunjung ke Kabupaten Ciamis yang merupakan wilayah binaan BBPP Lembang karena itu Kepala BBPP Lembang dan beberapa pejabat lingkup BBPP Lembang berangkat ke Ciamis untuk melakukan koordinasi dengan Dinas Peternakan dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Ciamis dalam rangka mempersiapkan kunjungan ini.
Pada hari itu juga di Gedung Negara sedang berlangsung rapat persiapan dengan Bupati Kabupaten Ciamis yang diikutibbppl-Kunker Menteri2.jpgbbppl-Kunker Menteri2.jpg oleh dinas dan instansi terkait. Berkaitan dengan rencana kunjungan tersebut dinas dan instansi terkait telah menyusun rencana jadwal kunjungan ke beberapa lokasi diantaranya yaitu P4S Lumba - lumba Karya Jaya yang berlokasi di Dusun Buniayu, Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi,  Kabupaten Ciamis yang telah mendapat bantuan untuk penguatan kelembagaan tani dari Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang T.A 2008. Bantuan dana tersebut digunakan untuk merehabilitasi dan mengembangkan ruang belajar ukuran 9 x 11 m dan pengerasan jalan lingkungan sepanjang 200 x 2,5 m. Renovasi dan pengembangan ruang belajar P4S Lumba – lumba Karya Jaya ini sebagian besar biayanya merupakan hasil swadaya masyarakat/peternak setempat. Sehubungan dengan hal tersebut  pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Peternakan sebagai instansi pembina di daerah mengharapkan pencanangan penggunaan gedung/ruang belajar  tersebut dilakukan pada waktu ada pejabat dari pusat, provinsi atau dari kabupaten agar dapat memberi motivasi kepada para petani dan masyarakat sekitarnya. Karena itu, rencana peresmiannya dilaksanakan bersamaan dengan kedatangan kunjungan kerja Menteri Pertanian dan Eselon I pada hari Jumat, 30 Januari 2009. Namun, karena sesuatu hal (hujan lebat) Bapak Menteri dan rombongan tidak dapat masuk ke lokasi P4S, selanjutnya acara peresmian dilakukan oleh Bapak Bupati Ciamis yang di dampingi oleh Bapak Kepala BBPP Lembang dan dihadiri oleh Kelompok Tani/Ternak, LM3 dan Pemuda/Wanita Tani. 
 
 
 
 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783