Flori dan Flora: Senyum bersama bunga.. Sehat dengan Sayuran..

24July2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Kegiatan Balai Flori dan Flora: Senyum bersama bunga.. Sehat dengan Sayuran..

Flori dan Flora: Senyum bersama bunga.. Sehat dengan Sayuran..

bbppl-pameran P2FN-BBPPL1bbppl-pameran P2FN-BBPPL1Itulah slogan yang dicanangkan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian dalam keikutsertaannya pada Pekan Flori dan Flora Nasional (PF2N) 2013 ke-6, yang pada tahun ini bertempat di Kota Yogyakarta.

Pameran yang mengambil tempat di Areal Kebun Pemda DIY seluas kurang lebih 1 hektar ini berlangsung selama 1 minggu yaitu mulai tanggal 2 – 8 Oktober 2013. Peserta pameran berasal dari berbagai kalangan, baik Eselon I Lingkup Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia maupun para pelaku usaha di bidang pertanian khususnya untuk flori dan flora. Tema Pekan Flori dan Flora Nusantara (PF2N) 2013 kali ini yaitu “Hortikultura Nusantara sebagai Gaya Hidup Sehat”. PF2N merupakan momentum istimewa bagi pelaku bisnis hortikultura yang bertujuan untuk mengangkat eksistensi pengembangan hortikultura nusantara sebagai komoditas komersial.

bbppl-pameran P2FN-Astutibbppl-pameran P2FN-AstutiPekan Flori dan Flora Nasional (PF2N) 2013 dibuka secara resmi oleh Menteri Pertanian RI, Bapak Suswono. Beliau pun menyempatkan diri untuk berkeliling mengunjungi stand-stand yang ada. Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian mengisi stand dengan semaraknya aneka flori dan flora dari mitra kerja BBPP Lembang yaitu Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S), untuk flori dari P4S Astuti Lestari dengan semaraknya bunga-bunga seperti silver dust, melati hoya, begonia, krisan mini, spatipilum, yang dikemas sedemikian cantiknya sehingga menarik minat pengunjung di setiap harinya. Terlihat dari antusiasme pengunjung terutama pelajar yang ingin belajar bagaimana cara budidaya tanaman hias yang dengan rinci dijelaskan oleh Ketua P4S Astuti Lestari, Ibu Tuti Tarmini, diselingi hadiah memperoleh 1 pot kecil tanaman hias untuk para pengunjung. Harapannya, dengan begitu generasi muda kita dapat mencintai pertanian dan tertarik untuk menekuni profesi di bidang pertanian.

bbppl-pameran P2FN-MTJbbppl-pameran P2FN-MTJDi sudut lain, juga tampak ramai pengunjung ingin tahu bagaimana budidaya tanaman sayuran yang dikembangkan oleh P4S Mekar Tani Jaya pimpinan Bapak Doyo Iskandar, yang dengan gamblang dijelaskan oleh Sekretaris P4S yaitu Bapak Mulyana. Komoditas unggulan P4S Mekar Tani Jaya yaitu paprika dengan warna merah, kuning, hijau dan orange dan sayuran seperti bawang daun, seledri, labu jepang, brokoli, tomat, dll yang membuat semakin semaraknya stand Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.  

BBPP Lembang pun turut meramaikan stand pada Pameran PF2N 2013 kali ini, dengan memperkenalkan teknologi budidaya tanaman sayuran sistem NFT melalui media bambu-bambu yang dibentuk sedemikian rupa, yang juga menarik minat pengunjung untuk ingin mengetahui lebih jauh bagaimana cara membuatnya.  Selain itu BBPP Lembang juga meramaikan stand dengan hasil olahan Laboratorium Pengolahan Hasil Pertanian, Pusat Inkubator Agribisnis dengan produk-produk seperti abon ayam, keripik jamur, keripik bayam, stick ubi ungu, brownies ubi ungu, eggroll kentang, dan dendeng nangka rasa daging sapi.

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783