27February2017

Indonesian English Japanese Korean

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan TOT Agribisnis Hortikultura (Paprika dan Kentang) bagi Core Farmer

TOT Agribisnis Hortikultura (Paprika dan Kentang) bagi Core Farmer

Peserta Diklat TOT Agribisnis Hortikultura Kunjungi Kelompok Tani Mtra Sukamaju Desa Pasirlangu Kecamatan Cisarua

IMG 20161107 174531IMG 20161107 174531

LEMBANG-Peserta pelatihan TOT Agribisnis Hortikultura sedang melihat proses pewiwilan bakal bunga pada cabang utama yang merupakan salah satu tahapan pada budidaya cabe paprika (7/11/16). Peserta Diklat TOT Agribisnis Hortikultura diajak untuk melihat proses budidaya tanaman cabe paprika dalam kegiatan kunjungan lapangan ke Kelompok Tani Mitra Sukamaju Desa Pasirlangu Kecamatan Cisarua.

Dalam kegiatan kunjungan tersebut peserta diajarkan cara budidaya cabe paprika seperti persiapan lahan, pemilihan benih, pewiwilan bakal bunga atau tunas air hingga banyak lagi. “Pewiwilan pada bakal bunga pada cabang utama paprika ini dilakukan agar pertumbuhan dan produksi tanaman maksimal, apabila bakal bunga tidak dibuang nutrisi yang diberikan akan terfokus pada pembentukan buah paprika sehingga pertumbuhan terhambat” ujar Didin saat menjelaskan proses budidaya pada peserta. Didin juga menjelaskan bahwa paprika rentan terkena serangan hama seperti trips dan kutu daun yang sangat berpengaruh pada hasil produksi. Tanaman yang terkena trips akan berkerut (keriting), pucat, layu, dan akhirnya mengering sedangkan apabila kutu daun menyerang bunga dan buah, bunga dan buah gugur dan mengerut dibagan ujungnya.

Peserta sangat antusias dalam menerima materi. Antusiasme peserta ditunjukan dengan mengajukan pertanyaan dan aktif ketika melakukan praktik. Sebagai contoh ketika mengikuti praktek persemaian, kebanyakan dari mereka sudah mengetahui cara menyemai benih namun baru mengetahui cara menyemai benih yang benar. Dadang salah satu peserta dari kelompok tani Kertasari mengatakan selama ini ketika saya menyemai benih, benih yang saya gunakan langsung ditabur begitu saja namun barusan kata narasumber itu salah karena ketika menyemai stomata harus menghadap ke bawah. Melalui diklat ini saya jadi tahu cara menyemai benih yang benar.

Kegiatan kunjungan lapangan ini merupakan salah satu kegiatan dalam diklat TOT Agribisnis Hortikultura (paprika dan kentang) bagi core farmer dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang dengan latar belakang petani dari kelompok tani Kabupaten Bandung Barat. Diklatnya sendiri berlangsung dari mulai ranggal 31 Oktober 2016 sampai dengan 10 November 2016. [TW]

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783