Pemberdayaan Ibu-ibu PKK melalui Diklat Budidaya Cabai dan Bawang Merah

20July2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Pemberdayaan Ibu-ibu PKK melalui Diklat Budidaya Cabai dan Bawang Merah

Pemberdayaan Ibu-ibu PKK melalui Diklat Budidaya Cabai dan Bawang Merah

bbpplembang diklatPKK5bbpplembang diklatPKK5Pemanfaatan pekarangan merupakan HATINYA PKK.. halaman asri, teratur, indah dan nyaman

bbpplembang diklatPKK4bbpplembang diklatPKK4Itulah slogan yang menjadi penggerak Ibu-ibu PKK wilayah Kecamatan Lembang dalam pemanfaatan lahan pekarangan. Pemanfaatan lahan pekarangan pun merupakan bagian dari tanggung jawab pokja III PKK wilayah Lembang dalam hal sandang, pangan, dan perumahan dan tata laksana rumah tangga. Sebagai wujud pemberdayaan masyarakat di wilayah sekitarnya, maka Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menyelenggarakan kegiatan Diklat Budidaya Cabai dan Bawang Merah bagi Ibu-ibu PKK sebanyak 2 angkatan.

 

 

bbpplembang diklatPKK1bbpplembang diklatPKK1Diklat dilaksanakan selama 5 hari efektif mulai tanggal 27 Februari – 3 Maret 2017 dengan peserta sebanyak 60 orang Ibu-ibu PKK yang berasal dari 5 desa di wilayah Kecamatan Lembang, yaitu Desa Kayambon, Pagerwangi, Cibogo, Langensari, dan Lembang. Diklat dibuka secara resmi oleh Kepala BBPP Lembang, Ir. Bandel Hartopo, M.Sc pada hari Senin, 27 Februari 2017, yang dihadiri juga oleh Camat Lembang, Kepala Desa Cibogo dan Kayuambon serta dari pihak Kapolsek wilayah Lembang. “Pekarangan memiliki potensi besar untuk dikembangkan oleh Ibu-ibu, karena bisa ditanam berbagai macam mulai dari sayuran, buah-buahan, tanaman obat, ternak, dimana semuanya diharapkan bisa untuk memenuhi pangan keluarga bahkan bisa menambah pendapatan dengan menjualnya”, demikian Beliau sampaikan.

Selama berada di BBPP Lembang, peserta memperoleh materi dasar berupa klasikal dan praktik baik itu tentang budidaya tanaman cabai dan bawang merah, bagaimana menanam benih cabai dan tomat dalam polybag, pemupukan, pengairan, pengolahan limbah dan pengolahan hasil cabai dan bawang merah, serta bagaimana penataan pekarangan menjadi suatu kawasan rumah pangan lestari. Menarik selama proses diklat, karena Ketua Penggerak PKK Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang juga merupakan Ibu Bupati KBB, Drs. Hj. Elin Suharliah Abubakar, M.Si, turut hadir di BBPP Lembang untuk bertemu dengan peserta dan memberi materi tentang Kebijakan Program Pengembangan PKK Wilayah KBB.

bbpplembang diklatPKK3bbpplembang diklatPKK3

bbpplembang diklatPKK2bbpplembang diklatPKK2

bbpplembang diklatPKKbbpplembang diklatPKKDi akhir pelaksanaan diklat, selain melatih, BBPP Lembang juga membagikan kepada seluruh peserta agar peserta langsung dapat mempraktikkan hasil diklat, yaitu polybag, benih tanaman cabai dan bawang merah, media tanam dan pupuk. Widyaiswara penanggung jawab kegiatan mengunjungi peserta yang berasal dari 5 desa untuk melihat secara langsung dan melakukan pendampingan saat peserta mempraktikkan hasil diklat. Diharapkan, dari rencana tindak lanjut yang telah dibuat oleh setiap peserta, mereka akan bisa mengajak dan memberdayakan Ibu-ibu di wilayah binaan PKK masing-masing untuk dapat memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam cabai dan bawang merah ataupun tanaman lain. (che)

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783