International Training on Agriculture Sector for African Countries

16December2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan International Training on Agriculture Sector for African Countries

International Training on Agriculture Sector for African Countries

bbpplembang pelatihan Afrika1bbpplembang pelatihan Afrika1Setelah selama kurang lebih 40 hari berada di P4S Cara Tani Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat pimpinan H. Tawa Amirudin untuk belajar dan magang mengenai pertanian secara umum, maka 12 orang petani dari Negara Afrika melanjutkan kegiatan pelatihan di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang. Mereka berada di BBPP Lembang selama 5 hari mulai tanggal 27 April – 1 Mei 2017. Sambutan hangat menerima tamu negara terlihat di BBPP Lembang sore itu. Kepala Balai, Ir. Bandel Hartopo, M.Sc didampingi pejabat struktural dan fungsional BBPP Lembang.

bbpplembang pelatihan Afrikabbpplembang pelatihan Afrika

Selama berada 5 hari di BBPP Lembang, peserta memperoleh materi baik klasikal maupun praktik serta kunjungan lapang ke tempat yang sesuai dengan materi yang diperoleh. Selain itu mereka juga dikenalkan dengan sejarah panjang hubungan Indonesia dan Afrika melalui kunjungan ke Museum Konferensi Asia Afrika. Materi yang diperoleh bbpplembang pelatihan Afrika2bbpplembang pelatihan Afrika2yaitu Desain Pemanfaatan Lahan Pekarangan yang disampaikan secara langsung oleh Kepala Balai, dilanjutkan praktik vertikultur dan hidroponik sebagai bagian dari teknologi budidaya pertanian dalam konsep pemanfaatan lahan pekarangan, yang disampaikan dengan jelas dan rinci oleh widyaiswara BBPP Lembang. Selain itu peserta juga memperoleh materi tentang Good Agricultural Practices (GAP) yang disampaikan pula oleh salah seorang widyaiswara BBPP Lembang, Ir. Elvina Herdiani, MP. Kunjungan lapang terkait materi pemanfaatan lahan pekarangan dilakukan di Eva LAM.

Selanjutnya, mengakhiri rangkaian panjang proses diklat yang telah dilaksanakan selama 1,5 bulan berada di Indonesia, seluruh peserta menyusun Action Plan, apa yang akan mereka lakukan setelah kembali ke negaranya, ke tempat usahataninya masing-masing. Harapannya, diklat yang telah diperoleh selama berada di Indonesia dapat diterapkan dan dapat meningkatkan kompetensi mereka. Penutupan kegiatan pelatihan dihadiri oleh tamu undangan yaitu dari Kementerian Luar Negeri, Kepala Pusat Pelatihan BPPSDMP, Kepala Biro Kerjasama Luar Negeri, beserta tamu undangan lainnya turut hadir. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783