23November2017

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Penyuluh Kabupaten Natuna Belajar MP3

Penyuluh Kabupaten Natuna Belajar MP3

bbpplembang pelatihan MP3 Natuna4bbpplembang pelatihan MP3 Natuna4LEMBANG. Suasana kelas krisan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang siang itu diramaikan oleh peserta pelatihan. Dengan berseragam putih hitam dan berdasi, mereka tampak rapi menandakan keseriusan dalam berlatih. Dari dialek bahasa yang terdengar, jelas mereka bukan dari tanah Jawa. Ya, 10 orang peserta itu merupakan penyuluh dari Kabupaten Natuna. Mereka jauh datang dari Kabupaten Natuna ke Lembang, ingin belajar tentang Metodologi Penyuluhan Pertanian Partisipatif (MP3). Dengan wajah serius namun santai, dibimbing oleh fasilitator pelatihan yang merupakan widyaiswara BBPP Lembang spesialisasi penyuluhan, mereka berpikir, sharing secara berkelompok, membuat lembar persiapan mengajar, sebagai bagian dari praktik materi “pembuatan dan penyajian materi penyuluhan”.

bbpplembang pelatihan MP3 Natuna5bbpplembang pelatihan MP3 Natuna5bbpplembang pelatihan MP3 Natuna6bbpplembang pelatihan MP3 Natuna6Kerjasama yang terjalin antara BBPP Lembang dengan Dinas Pertanian Kabupaten Natuna, untuk menyelenggarakan Pelatihan Metodologi Penyuluhan Pertanian Partisipatif (MP3) bagi Penyuluh. Pelatihan dilaksanakan selama 10 hari mulai tanggal 7 – 16 Agustus, dan dibuka secara resmi oleh Kepala BBPP Lembang, Ir. Bandel Hartopo, M.Sc pada Senin, 7 Agustus 2017. Beliau menyampaikan “tujuan dari dilaksanakannya pelatihan saat ini tidak hanya peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan saja, tapi diharapkan ada dampak yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Penggunaan teknologi tepat guna dalam proses budidaya, dapat menaikkan harga jual produk, dan itu harus dikuasai penyuluh untuk kemudian disampaikan kepada petani binaanya”.

Tujuan dari dilaksanakannya pelatihan ini yaitu diharapkan nantinya penyuluh akan termotivasi untuk menggali sumber informasi pertanian setempat yang mudah diakses oleh penyuluh maupun petani yang memerlukan informasi, juga diharapkan setelah pelatihan ini penyuluh atau petani bisa lebih inisiatif dalam memecahkan masalah dalam usahataninya.

bbpplembang pelatihan MP3 Natunabbpplembang pelatihan MP3 NatunaPola pelatihan selama 10 hari yaitu 5 hari klasikal dan 5 hari kunjungan lapang, dimana selama di lapangan peserta menjalani kegiatan field observation dan field work. Lima hari di kelas, peserta secara simultan memperoleh materi yang nantinya akan dipraktikkan di lapangan, mulai dari materi bagaimana mengidentifikasi masalah petani dan kelompok tani, aspek khas inovasi teknologi spesifik lokalita, teknik observasi lapangan dan wawancara, penggunaan kamera dan pembuatan foto. Saat di lapangan, seluruh materi itu dicoba untuk dilakukan dengan cara penggalian, pengolahan, dan penyusunan dimulai dari menggali aspek khas dengan cara bertemu dengan kelompok tani Warga Mukti Desa Kawung Kecamatan Tanjung Siang Kabupaten Subang, juga bertemu dengan 4 orang petani maju, mewawancarai seluruhnya tentang spesifik lokalita setempat. Setelah itu, peserta pelatihan mulai mengolah data yang telah diperoleh untuk membuat suatu kesimpulan bagaimana membuat suatu sumber informasi yang berdasarkan spesifik lokalita, bisa berupa inovasi yang bermanfaat bagi setiap proses budidaya bbpplembang pelatihan MP3 Natuna2bbpplembang pelatihan MP3 Natuna2usahatani petani dalam rangka meningkatkan produksi dan pendapatan petani. Setelah itu, peserta mempraktikkan hasil field work di depan kelompok tani.

Kegiatan pelatihan ditutup secara resmi oleh Kepala BBPP Lembang pada hari Rabu, 16 Agustus 2017. Hasil evaluasi terhadap penyelenggaraan pelatihan, baik itu evaluasi pemahaman materi, evaluasi sikap, evaluasi terhadap fasilitator, monitoring kunjungan lapang, daily mood dan harapan kenyataan kepuasan, menunjukkan hasil baik. (chetty)

 

 

 

 

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783