23September2017

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Diklat Dasar Fungsional POPT Ahli

Diklat Dasar Fungsional POPT Ahli

bbpplembang diklat poptahli1bbpplembang diklat poptahli1LEMBANG. Pagi itu di pelataran rumput gajah di lokasi lahan praktik Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, tampak tiga kelompok peserta pelatihan dengan asyik menggali lubang. Mereka sedang praktik mengeksplorasi trikoderma dengan mencari sampel trikoderma, menggali tanah sedalam 40 cm. Setelah itu, peserta lanjut menuju Laboratorium Agens Hayati untuk praktik membuat media dasar isolat dari kentang, gula, dan agar (PSA). Mereka adalah peserta Diklat Dasar Fungsional POPT Ahli sejumlah 30 orang, datang ke BBPP Lembang untuk berlatih selama 25 hari efektif mulai tanggal 19 Juli – 13 Agustus 2017.

Diklat dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Rokhedi, S.Pt pada hari Kamis, 20 Juli 2017. Tujuan pelatihan bbpplembang diklat poptahli3bbpplembang diklat poptahli3seperti disampaikan utamanya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan bagi fungsional POPT dalam memahami kompetensi dan tugas fungsi sebagai Petugas POPT Ahli. Peserta berasal dari Balai Perlindungan Tanaman Pangan Hortikultura dari beberapa provinsi di Indonesia, dari Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian, dengan total sebanyak 30 orang.

bbpplembang diklat poptahli2bbpplembang diklat poptahli2bbpplembang diklat poptahlibbpplembang diklat poptahliDua puluh lima hari berada di BBPP Lembang, banyak materi yang diberikan oleh fasilitator yang berasal dari Ditjen Tanaman Pangan, BBPOPT, BPTPH Jawa Barat, BKN, Widyaiswara BBPP Lembang, dan praktisi. Seluruh materi sebanyak 200 JP, terdiri dari kelompok materi dasar, inti dan penunjang. Materi tersebut diantaranya tentang perencanaan karir fungsional POPT, persiapan pelaksanaan tugas POPT, analisis dan evaluasi hasil pengendalian OPT/OPTK, pengembangan profesi, dan pendidikan orang dewasa. Saat pembelajaran materi pendidikan orang dewasa, peserta praktik mengenai bagaimana teknik kepemanduan.

Hasil evaluasi pembelajaran secara umum, bahwa penilaian peserta terhadap fasilitas pembelajaran, kinerja fasilitator, indikatornya baik. Untuk penilaian terhadap pemahaman materi , sikap dan perilaku, juga baik. Hasil ujian menyatakan bahwa seluruh peserta lulus dengan nilai baik. (chetty)

 

 

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783