23November2017

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Blended Learning, Model Pelatihan Pertanian Masa Depan

Blended Learning, Model Pelatihan Pertanian Masa Depan

bbpplembang blendedlearning bawangmerahbbpplembang blendedlearning bawangmerahLEMBANG. Tahun 2017 ini, merupakan tahun kedua bagi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang untuk melaksanakan pelatihan teknis dengan metode blended learning. Blended learning adalah inovasi yang diciptakan oleh BBPP Lembang untuk bidang pelatihan pertanian, merupakan suatu model pelatihan yang memadukan antara pelatihan sesi online (menggunakan e-learning) dan sesi offline (menggunakan metode konvensional/tatap muka). Kali ini, pelatihan blended learning dilaksanakan untuk komoditas bawang merah.

Sebagaimana diketahui bahwa bawang merah merupakan salah satu komoditas strategis yang bbpplembang blendedlearning bawangmerah1bbpplembang blendedlearning bawangmerah1menjadi fokus pengembangan Kementerian Pertanian saat ini. Untuk meningkatkan produktivitas bawang merah, diperlukan teknologi yang tepat dalam proses budidayanya. Teknologi tersebut dapat didesiminasikan kepada penyuluh pertanian salah satunya melalui proses pelatihan. Diharapkan setelah berlatih, penyuluh dapat menyebarluaskan informasi yang diperoleh kepada petani binaannya masing-masing sehingga produktivitas bawang merah akan meningkat sesuai yang diharapkan.

bbpplembang blendedlearning bawangmerah2bbpplembang blendedlearning bawangmerah2bbpplembang blendedlearning bawangmerah3bbpplembang blendedlearning bawangmerah3Peserta pelatihan merupakan penyuluh pertanian yang berasal dari wilayah sentra bawang merah yaitu Indramayu, Cirebon, Kuningan, dan Majalengka. Pelatihan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi online yang telah dilaksanakan pada tanggal 21 – 25 Agustus 2017. Sesi online diikuti oleh 46 orang peserta yang belajar mandiri mengakses materi berupa video pembelajaran dan bahan ajar dalam bentuk modul yang telah dibuat oleh pengajar yang seluruhnya merupakan widyaiswara BBPP Lembang. Pada saat sesi online, peserta juga dapat berinteraksi langsung dengan para pengajar melalui chatting via whatsapp group. Sesi offline dilaksanakan pada tanggal 4 – 7 September 2017 di BBPP Lembang dengan peserta sebanyak 29 orang yang telah lulus seleksi sesi online. Saat sesi offline, peserta langsung praktik beberapa materi yang dianggap penting untuk dipraktikkan sesuai kebutuhan peserta yang diperoleh saat sesi online.

Materi pada pelatihan bawang merah metode blended learning yaitu: 1) kebijakan pengembangan komoditas bawang merah, 2) Good Agricultural Practices (GAP) bawang merah, 3) Pemilihan lokasi dan persiapan benih, 4) Persiapan lahan dan penanaman, 5) Pupuk dan Pemupukan, 6) Pemeliharaan, 7) Pengendalian OPT, 8) Panen dan pascapanen, 9) Diseminasi teknologi menggunakan teknologi informasi, 10) refleksi. (chetty)

bbpplembang blendedlearning bawangmerah6bbpplembang blendedlearning bawangmerah6bbpplembang blendedlearning bawangmerah4bbpplembang blendedlearning bawangmerah4

bbpplembang blendedlearning bawangmerah5bbpplembang blendedlearning bawangmerah5

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783