24November2017

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Seni Menyeduh Kopi (Barista) Hadir di Pelatihan Tematik BBPP Lembang

Seni Menyeduh Kopi (Barista) Hadir di Pelatihan Tematik BBPP Lembang

bbpplembang pascapanenpengolahan kopi4bbpplembang pascapanenpengolahan kopi4LEMBANG. Kopi merupakan salah satu komoditas perkebunan yang menjadi target pengembangan Kementerian Pertanian saat ini. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang turut berpartisipasi mensukseskan Program APBN-P Tahun 2017 dalam hal pengembangan komoditas kopi dengan melatih 60 orang petani dan penggiat kopi di seluruh Indonesia dari 8 provinsi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan, melalui Pelatihan Teknis Tematik Pasca Panen dan Pengolahan Kopi yang dilaksanakan mulai tanggal 30 Oktober – 3 November 2017. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Rokhedi, S.Pt.

bbpplembang pascapanenpengolahan kopi1bbpplembang pascapanenpengolahan kopi1Seni menyeduh kopi (Barista) menjadi pilihan materi utama yang diinginkan oleh seluruh peserta saat dilakukan Focus Group Discussion (FGD) diawal pelaksanaan pelatihan. Metode FGD yang dipandu oleh Widyaiswara BBPP Lembang, melibatkan bbpplembang pascapanenpengolahan kopibbpplembang pascapanenpengolahan kopikeaktifan seluruh peserta pelatihan, dilakukan dengan tujuan agar kebutuhan akan materi pelatihan yang nantinya menjadi kurikulum pelatihan, sesuai  dengan kebutuhan peserta. Materi mana yang belum dikuasai oleh peserta dalam hal pascapanen dan pengolahan kopi, itulah yang menjadi kurikulum pelatihan. “Untuk pelatihan kali ini, seni menyeduh kopi (Barista) menjadi kebutuhan utama peserta untuk dipelajari, karena memang diharapkan setelah pelatihan ini, mereka akan bisa membuka gerai kopi di daerahnya masing-masing, sesuai dengan sarana prasarana yang akan diberikan Pemerintah pada Program APBN-P 2017 ini”, demikian ungkap salah satu fasilitator yang merupakan Widyaiswara BBPP Lembang spesialisasi Pasca Panen dan Pengolahan Hasil, Aris Hanafiah, S.TP, MP. Materi lainnya yang juga disampaikan pada pelatihan ini yaitu penentuan waktu panen, cara panen kopi, pengolahan kopi secara basah dan kering, peserta praktik langsung seperti bagaimana proses pulping (pengelupasan kulit kopi), fermentasi, pengeringan dan penyangraian kopi dengan alat-alat pengolahan kopi yang ada di BBPP Lembang.

bbpplembang pascapanenpengolahan kopi2bbpplembang pascapanenpengolahan kopi2Praktisi Barista dari Gedogan Coffee and Tea yang berlokasi di Jalan Seram Kota Bandung, Bapak Sam dan juga puterinya, diundang khusus ke BBPP Lembang untuk sharing knowledge dan praktik langsung tentang Barista selama 1 hari penuh, Rabu (02/02/2017). Dengan sangat jelas dan menarik disimak oleh seluruh peserta, Bapak bbpplembang pascapanenpengolahan kopi3bbpplembang pascapanenpengolahan kopi3Sam dan puterinya menjelaskan tentang seluk beluk kopi, budidaya yang dilakukannya hingga pengolahan kopi dan bagaimana proses akhirnya, menyeduh kopi, menjadi suatu minuman yang bercitarasa tinggi. Dijelaskan pula alat-alat yang digunakan dalam pengolahan dan penyeduhan kopi. Di penghujung sesi, peserta diajak untuk praktik langsung menyeduh kopi. Wowww!!! Kopi Robusta dan Arabica diolah dan diseduh menjadi Original Coffee, Cookies and Cream Coffee, Coffee Latte, Cappucino, dibuat satu persatu oleh peserta dengan bimbingan praktisi. Penjelasan yang sangat memotivasi peserta dan praktik pelatihan yang diharapkan menjadi motivasi tinggi untuk peserta yang pada akhirnya mereka dapat mengikuti jejak para penggiat kopi yang sukses dalam usaha kopi bahkan menembus pasar ekspor. (chetty) 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783