24November2017

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Unjuk Kerja Penangkar Benih Bawang Merah pada Proses Sertifikasi Profesi

Unjuk Kerja Penangkar Benih Bawang Merah pada Proses Sertifikasi Profesi

bbpplembang sertifikasi bawang merah3bbpplembang sertifikasi bawang merah3LEMBANG. Unjuk Kerja pada rangkaian Kegiatan Sertifikasi Profesi Perbenihan bagi Penangkar Benih Bawang Merah dilaksanakan pada Kamis (09/11/2017). Dengan dipandu Asesor selama proses sertifikasi mulai dari pemberkasan, ujian tertulis, wawancara hingga unjuk kerja, yang berasal dari BBPP Lembang, Dinas Pertanian Yogyakarta, Dinas Pertanian Jawa Barat, SPP-SMK Gegerkalong, BBPP Ketindan dan Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian, 60 orang peserta berkaos warna orange dan biru satu persatu memperlihatkan kemampuannya pada 3 kegiatan unjuk kerja, yaitu penanaman benih bawang merah, pengemasan bawang merah dan melakukan pengamatan tanaman bawang (rogging).

bbpplembang sertifikasi bawang merah6bbpplembang sertifikasi bawang merah6Satu persatu seluruh peserta harus mempraktikkan proses penanaman benih bawang merah mulai dari pengolahan lahan dengan menggemburkan tanah pada lahan yang sudah disiapkan, penyiapan dengan bbpplembang sertifikasi bawang merah5bbpplembang sertifikasi bawang merah5memilih benih bawang yang baik, penanaman benih bawang, hingga penyiraman. Sang Asesor disetiap proses unjuk kerja, nampak serius memperhatikan keterampilan para peserta dan langsung menilainya. Unjuk kerja kedua yaitu pengemasan bawang, peserta terlebih dahulu memilih bawang merah yang masih belum dilepaskan umbi-umbinya dari tanaman, lalu mengemasnya dan memberikan label secara sederhana. Unjuk kerja ketiga yaitu rogging, peserta diminta mengamati tanaman bawang merah, apakah ditemukan perbedaan secara kasat mata yang terihat dari sisi fisik tanaman, apakah teridentifikasi adanya hama dan penyakit, setelah itu satu persatu diwawancarai oleh Asesornya untuk menjelaskan hasil pengamatan yang dilakukan.

 

 

bbpplembang sertifikasi bawang merahbbpplembang sertifikasi bawang merahbbpplembang sertifikasi bawang merah1bbpplembang sertifikasi bawang merah1Sebelum dilaksanakan Unjuk Kerja, 2 hari sebelumnya peserta melakukan pemberkasan, kelengkapan berkas untuk keperluan sertifikasi profesi penangkar benih bawang merah. Selain itu, mereka juga menjalani proses ujian tertulis dan wawancara dengan pengujinya para Asesor yang diundang untuk hadir. Disamping itu, peserta juga memperoleh pembekalan singkat dari Asesor tentang seluk beluk penangkaran benih bawang merah, dan diuji untuk menghitung produksi benih bawang merah serta luas penangkaran benih pada studi kasus yang diberikan oleh Asesor. Kegiatan Sertifikasi Profesi Perbenihan bagi Penangkar Benih Bawang Merah dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 6 – 10 November 2017 (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783