Persiapan Menjelang Masa Purna Tugas dari BASARNAS

23October2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Persiapan Menjelang Masa Purna Tugas dari BASARNAS

Persiapan Menjelang Masa Purna Tugas dari BASARNAS

bbpplembang magang basarnasbbpplembang magang basarnasLEMBANG. Menjelang purna tugas bukanlah hal yang harus ditakutkan. Siapkan diri kita dengan membekali diri melalui pengenalan kegiatan pertanian untuk mengisi kekosongan, bbpplembang magang basarnas3bbpplembang magang basarnas3karena masih banyak yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu dimasa pensiun dengan hal-hal yang positif. Salah satunya dengan berwirausaha dibidang pertanian. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai instansi penyelenggara pelatihan, bekerjasama dengan Badan Nasional Pencarian Pertolongan (BASARNAS) menyelenggarakan Magang bagi Calon Purnabhakti BASARNAS seluruh Indonesia yang dalam 1-2 tahun kedepan akan memasuki masa purnabhakti.

bbpplembang magang basarnas5bbpplembang magang basarnas5Tujuan dari pelaksanaan magang, yaitu: 1) memberi pembekalan untuk mempersiapkan diri menghadapi purna tugas, 2) memberi pemahaman ttg pemanfaatan pekarangan, hidroponik, pengolahan hasil pertanian, dan perikanan, dan 3) memberikan keterampilan bidang pertanian sehingga dapat menciptakan dinamika usaha yang baik untuk menghasilkan usaha yang menguntungkan, dinamis dan dapat menopang tingkat kesejahteraan pasca purna tugas. Magang dilaksanakan selama 5 hari, mulai tanggal 2-6 April 2018.

 

bbpplembang magang basarnas2bbpplembang magang basarnas2bbpplembang magang basarnas1bbpplembang magang basarnas1Selama magang, 24 orang peserta memperoleh teori di kelas yang disampaikan oleh Widyaiswara BBPP Lembang dan praktisi perikanan dari P2MKP Dejeefish. Peserta juga mempraktikkan langsung mengenai pemanfaatan lahan pekarangan; pengolahan hasil pertanian dimana peserta diberi materi tentang Good Manufacturing Practices (GMP) dan praktik membuat abon ayam, brownis, dan keripik jamur tiram; perikanan, dikenalkan bermacam-macam teknologi budidaya ikan air tawar; hidroponik, melalui beberapa teknologi pertanian yang dapat diterapkan untuk memulai bisnis bidang pertanian, seperti irigasi tetes, NFT, DFT, aeroponik, dan wick system.

 

bbpplembang magang basarnas4bbpplembang magang basarnas4bbpplembang magang basarnas6bbpplembang magang basarnas6Hari terakhir menjelang penutupan, peserta melakukan kunjungan lapang ke Balai Benih Ikan, Cijambe Subang. Penutupan pelatihan pada hari Jumat (06/04/2018). Kepala Balai, Bandel Hartopo, dalam sambutannya saat menutup kegiatan magang, menyampaikan “setelah peserta memperoleh pembekalan melalui magang ini, diharapkan dapat memilih usaha apa yang akan dijalani, apakah untuk hobi, atau untuk bisnis sebagai usaha untuk meningkatkan pendapatan setelah pensiun nanti. Semoga apa yang telah diperoleh akan bermanfaat ”. (chetty)

 

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783