21July2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Teknik Pengendalian OPT agar Tanaman Kedelai Tumbuh Baik dan Sehat

Teknik Pengendalian OPT agar Tanaman Kedelai Tumbuh Baik dan Sehat

bbpplembang pelatihantematik kedelaigarutbbpplembang pelatihantematik kedelaigarutGARUT. Materi pelatihan “Teknik Pengendalian OPT” menjadi hal yang penting untuk disampaikan disetiap proses pelatihan pertanian terutama pelatihan teknis budidaya tanaman. Karena, hal itulah yang menjadi salah satu permasalahan penting yang kerap dihadapi petani dalam proses budidaya. Permasalahan ini membutuhkan solusi yang tepat agar petani mampu berbudidaya dengan baik sehingga produktivitas tanaman yang dihasilkan juga baik dan sehat. Demikian pula yang disampaikan oleh fasilitator kepada peserta Pelatihan Teknis Tematik Kedelai di Kabupaten Garut.

bbpplembang pelatihantematik kedelaigarut2bbpplembang pelatihantematik kedelaigarut2Disampaikan oleh fasilitator, bahwa teknik pengendalian OPT dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: penggunaan praktik agronomi (penggunaan varietas kedelai yang resisten, rotasi tanaman, keseragaman waktu tanam/panen, sanitasi); cara mekanik (penghancuran dengan tangan, penggunaan perangkap); cara fisik (mengatur temperatur, perangkap lampu, suara); cara biologi (pemantapan musuh alami tanaman, pemanfaatan parasit dan predator, penyebaran pathogen); cara bbpplembang pelatihantematik kedelaigarut1bbpplembang pelatihantematik kedelaigarut1kimiawi (pestisida); cara genetik. Prinsipnya, bahwa pengendalian OPT diupayakan sebisa mungkin dengan pengamatan agroekosistem secara berkala mingguan, mengembangkan musuh alami tanaman, dan upaya terakhir yaitu penggunaan pestisida kimiawi.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian ini dilaksanakan di Kabupaten Garut sebagai salah satu wilayah sentra pengembangan kedelai. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 2 – 4 April 2018 dengan peserta 30 orang petani kedelai di Kabupaten Garut. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783