24May2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Bektram Pertanian bagi Personil TNI Angkatan Laut

Bektram Pertanian bagi Personil TNI Angkatan Laut

bbpplembang bektram TNIAL5bbpplembang bektram TNIAL5bbpplembang bektram TNIAL2bbpplembang bektram TNIAL2LEMBANG. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang bekerjasama dengan Badan Penyalur Tenaga Kerja Wilayah Barat (Balurjalbar) TNI Angkatan Laut, melaksanakan bbpplembang bektram TNIAL1bbpplembang bektram TNIAL1kegiatan Pembekalan dan Keterampilan (Bektram) bagi 20 orang personil Aparatur Sipil Negara (ASN) Militer dan KBT TNI-AL yang akan memasuki masa purnabhakti. Kegiatan dilaksanakan selama 2 minggu, mulai tanggal 18 April – 3 Mei 2018.

bbpplembang bektram TNIAL3bbpplembang bektram TNIAL3bbpplembang bektram TNIAL4bbpplembang bektram TNIAL4Tujuan dilaksanakannya kegiatan Bektram adalah: 1) memberikan pembekalan dan keterampilan kepada peserta untuk mengembangkan berbagai potensi usaha mandiri dan berdaya guna bagi personil sendiri, keluarga, dan masyarakat, dan 2) memberikan pembekalan dan keterampilan dibidang pertanian sehingga dapat menciptakan dinamika usaha yang baik untuk menghasilkan usaha yang menguntungkan, dinamis, dan dapat menopang tingkat kesejahteraan bagi keluarga dan masyarakat sekitarnya setelah kembali ke masyakarat. Karenanya, selama berada di BBPP Lembang, peserta diberikan berbagai materi tentang budidaya dan teknologi pertanian baik komoditas hortikultura, perkebunan, maupun peternakan. Nantinya mereka yang akan memilih mana yang sesuai dengan kemampuannya dan akan diterapkan pada skala individu dan disampaikan di lingkungan sekitarnya baik masyarakat sekitar tempat kerja maupun di lingkungan rumah masing-masing.

bbpplembang bektram TNIALbbpplembang bektram TNIALbbpplembang bektram TNIAL8bbpplembang bektram TNIAL8Selama berlatih di BBPP Lembang, peserta memperoleh materi dan praktik: 1) budidaya kopi, bagaimana penentuan lokasi, persiapan lahan diantaranya pembuatan lubang tanam, persiapan benih dengan melakukan perbanyakan benih melalui biji, stek, dan sambung, penanaman, pemeliharaan melalui pemangkasan dan sambung pucuk, melakukan pemanenan biji kopi, 2) pengendalian hama dan penyakit tanaman, pembuatan pestisida nabati dan trichoderma kedalam media siap aplikasi, 3) pembuatan pupuk organik, 4) Pemanfaatan lahan pekarangan, dengan membuat teknologi budidaya sayuran sederhana seperti vertikultur, 5) Hidroponik, membuat teknologi sederhana wick system, 6) pengolahan hasil pertanian, belajar tentang Good Manufacturing Practices, serta praktik membuat abon cabai dan sorbet papaya jeruk, serta praktik pascapanen kopi (pulper dan huller), dan praktik menyeduh kopi.

bbpplembang bektram TNIAL7bbpplembang bektram TNIAL7bbpplembang bektram TNIAL9bbpplembang bektram TNIAL9Halili, salah seorang peserta menyampaikan kesannya selama mengikuti Bektram “banyak manfaat yang bisa kami peroleh setelah belajar tentang pertanian disini yang akan kami sampaikan kepada rekan kerja kami sebagai bekal menghadapi purnabhakti kelak, dan juga bagi masyarakat sekitar tempat tinggal kami untuk dapat diterapkan di lingkungan rumah masing-masing. Pertanian yang kami pelajari disini yaitu pertanian modern dengan penerapan berbagai teknologi pertanian terkini sehingga harapannya nanti apa yang bisa kami hasilkan dapat bersaing dengan produk luar negeri”. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783