Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) untuk Meningkatkan Produksi Cabai

20July2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) untuk Meningkatkan Produksi Cabai

Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) untuk Meningkatkan Produksi Cabai

bbpplembang pelatihan tematikcabai-sorong3bbpplembang pelatihan tematikcabai-sorong3SORONG. Tampak sekelompok orang berkumpul dan sedang memperoleh penjelasan tentang pertanian. Mereka adalah peserta Pelatihan Teknis Tematik Cabai di Kota Sorong yang sedang memperoleh penjelasan dari fasilitator bagaimana membuat Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) yang memiliki fungsi memacu pertumbuhan tanaman cabai dan mampu mengurangi penyakit dan kerusakan dari hama, Rabu (25/04/2018). Agar peserta nantinya mampu membuat sendiri PGPR sepulangnya dari berlatih, maka peserta langsung bbpplembang pelatihan tematikcabai-sorong4bbpplembang pelatihan tematikcabai-sorong4mempraktikkan bagaimana membuat biang PGPR dengan bahan dasar akar bambu, air kelapa dan gula merah. Pembuatan PGPR cukup mudah, hanya dengan mencampur ketiga bahan itu, lalu mendiamkannya selama beberapa hari. Selanjutnya biang PGPR siap diaplikasikan ke tanaman dengan sebelumnya mencampurnya dengan air sesuai komposisi.

bbpplembang pelatihan tematikcabai-sorong1bbpplembang pelatihan tematikcabai-sorong1Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang menyelenggarakan Pelatihan Teknis Tematik Cabai di Kota Sorong, 24 – 26 April 2018. Pelatihan diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan petani cabai di wilayah Kota Sorong. Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta. Pelatihan tematik ini diselenggarakan oleh BBPP Lembang dengan materi pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan peserta, apa saja yang belum dikuasai tentang proses budidaya dan agribisnis cabai sehingga harapannya setelah berlatih, peserta akan lebih bbpplembang pelatihan tematikcabai-sorongbbpplembang pelatihan tematikcabai-sorongtermotivasi untuk membudidayakan cabai dengan cara yang baik dan benar serta menggunakan teknologi pertanian yang mampu meningkatkan produktivitas cabai secara signifikan.

Selama berlatih, peserta merima materi secara klasikal proses budidaya cabai secara umum mulai dari seleksi benih hingga panen dan pascapanen cabai. Saat sesi praktik, peserta diberi pemahaman dengan cara mempraktikkan langsung persiapan lahan cabai dengan memasang mulsa diatas bedengan-bedengan tanaman cabai yang telah dibuat. Selanjutnya, peserta praktik pembuatan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) dan pembuatan hormon perangsang tumbuh. (chetty)

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783