Diklat Teknis Agribisnis Sayuran Metode OTM Angkatan 26

16December2018

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Diklat Teknis Agribisnis Sayuran Metode OTM Angkatan 26

Diklat Teknis Agribisnis Sayuran Metode OTM Angkatan 26

bbpplembang diklatOTM ang26 4bbpplembang diklatOTM ang26 4CISARUA. Hujan yang mengguyur di langit wilayah Bandung Barat dan sekitarnya sejak pagi, Selasa (26/06/2018), ternyata  tidak menyurutkan langkah para petani peserta Diklat Teknis Agribisnis Sayuran Angkatan 26 di Desa Pasirlangu Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, untuk berlatih budidaya tanaman sayuran brokoli. Pelatihan yang dilaksanakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang bekerjasama dengan Taiwan Technical Mission (TTM) dilaksanakan sebanyak 7 sesi dengan jadwal tiap sesi sesuai kesepakatan bersama. Penetapan jadwal pelatihan tiap sesi bbpplembang diklatOTM ang26 3bbpplembang diklatOTM ang26 3dilaksanakan pada Sesi 1 saat pembukaan pelatihan secara resmi oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Lembang yang dihadiri oleh Counterpart dan langsung diisi dengan Identifikasi Kebutuhan Latihan untuk menentukan materi-materi pelatihan. Pelatihan berlangsung dari tanggal 28 Mei – 26 Juli 2018 dan diikuti oleh 30 orang petani.

bbpplembang diklatOTM ang26bbpplembang diklatOTM ang26bbpplembang diklatOTM ang26 1bbpplembang diklatOTM ang26 1Sesi 2 diisi dengan materi pengolahan lahan yang baik dan pemupukan yang berimbang sesuai dosis dan ramah lingkungan. Materi disampaikan oleh penyuluh pendamping dan petani maju (corefarmer) di Kelompok Tani “Sukma Tani”. Tidak lama menerima materi, karena memang pelatihan ini memiliki pola pelatihan sesi praktik lebih banyak dibandingkan sesi klasikal, maka peserta langsung bergerak menuju lahan praktik untuk mempraktikkan pengolahan lahan menggunakan cultivator, lalu dilanjutkan dengan pembuatan bedengan, pemupukan, dan pemasangan MPHP (mulsa plastik hitam perak).

Sesi 3, Kamis (05/07/2018), diisi dengan materi pengenalan teknologi pengendalian hama dan penyakit tanaman menggunakan trichoderma. Peserta praktik inokulasi trichoderma, pengujian unsur hara pada lahan yang akan dibudidayakan dengan menggunakan Perangkat Uji Tanah Kering (PUTK) dan juga melakukan penanaman brokoli. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783