Pelatihan Pertanian Sayuran Organik di P4S Semai Organik

23January2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Pelatihan Pertanian Sayuran Organik di P4S Semai Organik

Pelatihan Pertanian Sayuran Organik di P4S Semai Organik

bbpplembang pelatihan P4SSemaiOrganik1bbpplembang pelatihan P4SSemaiOrganik1LEMBANG. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang Tahun Anggaran 2018 ini menyelenggarakan pelatihan bagi 120 orang petani yang diselenggarakan di 6 (enam) P4S Binaan BBPP Lembang. Keenamnya yaitu P4S Semai Organik dan P4S Bina Tani Panggupay di Kabupaten Bandung Barat, P4S Sawargi di Kabupaten Bandung, P4S Isokuiki di Kabupaten Majalengka, P4S Wira Tani di Kabupaten Karawang, serta P4S Tani Mulus di Kabupaten Indramayu.

bbpplembang pelatihan P4SSemaiOrganik2bbpplembang pelatihan P4SSemaiOrganik2Di P4S Semai Organik yang diketuai oleh Ibu Yusi Sulistiawati, dilaksanakan Pelatihan Pertanian Sayuran Organik selama 5 hari mulai tanggal 6 – 10 November 2018. Pelatihan diikuti oleh 20 orang petani penggiat organik di wilayah Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Selama berlatih, peserta memperoleh materi secara klasikal maupun praktik langsung tentang budidaya tanaman secara organik, pembuatan pupuk organik dan Mikro Organisme Lokal (MOL), pengendalian OPT dengan menggunakan pestisida nabati dan trichoderma.

bbpplembang pelatihan P4SSemaiOrganikbbpplembang pelatihan P4SSemaiOrganikKamis (08/11/2018), peserta memperoleh materi tentang pembuatan pupuk organik dan MOL dari praktisi pertanian organik dan langsung mempraktikkannya. Dengan memanfaatkan sayuran yang sudah membusuk, peserta membuat pupuk organik dan MOL. MOL dapat berfungsi sebagai penyubur tanah, sebagai starter yaitu mempercepat proses penguraian bahan organik yang digunakan dalam pembuatan pupuk kompos. MOL juga sifatnya praktis karena berbentuk cairan dan ditempatkan di botol-botol sehingga mudah digunakan saat diaplikasikan ke tanaman.

Fitri, salah seorang peserta menyampaikan “Kami sudah memperoleh banyak materi selama berlatih, mulai dari proses penanaman, pembuatan pupuk organik, MOL, dan trichoderma. Kami akan aplikasikan di tempat kami masing-masing karena organik itu sehat”. (chetty)

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783