Program IPDMIP untuk Mewujudkan Ketahanan Nasional

21August2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Program IPDMIP untuk Mewujudkan Ketahanan Nasional

Program IPDMIP untuk Mewujudkan Ketahanan Nasional

bbpplembang penyegaran ipdmipbbpplembang penyegaran ipdmipLEMBANG. Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP) merupakan program pemerintah dibidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi, baik sistem irigasi yang merupakan kewenangan pusat, provinsi atau kabupaten sebagai wujud kontribusi sektor bbpplembang penyegaran ipdmip2bbpplembang penyegaran ipdmip2pertanian bagi ketahanan nasional pada umumnya. Sebagai salah satu wujud menyamakan persepsi kepada penyuluh sebagai pendamping petani yang merupakan salah satu sasaran Program IPDMIP, maka dilakukan kegiatan koordinasi kegiatan agar program dapat tersosialisasi dengan baik dan tujuan program dapat tercapai. Kegiatan dilaksanakan di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, mulai tanggal 27 November – 3 Desember 2018.

bbpplembang penyegaran ipdmip1bbpplembang penyegaran ipdmip1bbpplembang penyegaran ipdmip3bbpplembang penyegaran ipdmip3Peserta pelatihan sebanyak 101 orang penyuluh dari 5 kabupaten di Jawa Barat dan Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Garut, Banjarnegara, Banyumas, Pati, dan Kebumen. Selama kegiatan, peserta memperoleh materi dari para fasilitator yang merupakan widyaiswara BBPP Lembang, Direktur IPDMIP, dan praktisi, yaitu: Perencanaan Partisipatif Kelompok dan Desa; Penumbuhan dan Penguatan Kelembagaan Petani di Daerah Irigasi; Penguatan Teknologi dan Pengembangan Budidaya pada Lahan Irigasi; Optimalisasi Pemanfaatan Air Irigasi; Literasi Keuangan dan Penumbuhan Kelompok Simpan Pinjam; Peningkatan Nilai Tambah dan Pemetaan Rantai Nilai; Perbaikan Pangan, Gizi, dan Manajemen SDM.

Penutupan pelatihan, Senin (03/12/2018) oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan, Ramadani Saputra. “Saya berpesan agar penyuluh dapat mengawal Program IPDMIP ini dengan baik, karena sesungguhnya setiap program itu baik dan berujung pada peningkatan kesejahteraan petani”, ungkap Beliau sesaat sebelum menutup kegiatan. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783