Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Modern Berbasis Korporasi

21August2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Modern Berbasis Korporasi

Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian Modern Berbasis Korporasi

bbpplembang bimtek korporasi penyuluhkarawang1bbpplembang bimtek korporasi penyuluhkarawang1LEMBANG. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang bekerjasama dengan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Sukamandi menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Penyuluh Pertanian dan Pengembangan Demfarm Pertanian Modern Berbasis Korporasi (PMK). Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari efektif mulai tanggal 26 – 29 November 2018. Peserta bimtek sebanyak 20 orang penyuluh pertanian di Kabupaten Karawang.

bbpplembang bimtek korporasi penyuluhkarawang2bbpplembang bimtek korporasi penyuluhkarawang2“Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh ini merupakan rangkaian dari kegiatan bimtek sebelumnya. Ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Karawang dengan BB Padi dengan tujuan membangun model pertanian modern khususnya di Kecamatan Jayakerta yang berbasis padi karena Karawang merupakan salah satu sentra padi di Jawa Barat”, ungkap Yudistira Nugraha, Kabid Program dan Evaluasi BB Padi. “BBPP Lembang sebagai instansi yang telah memiliki kerjasama dengan Taiwan Technical Mission (TTM), salah satunya dengan mendirikan korporasi petani Bandung Vegetables Station (Bavas), merupakan lokasi yang tepat untuk belajar tentang korporasi pertanian”, lanjutnya. “Harapannya pilot project ini dapat diterapkan di daerah lain yang berbasis padi juga sehingga muliflier effect dirasakan dengan meningkatnya kesejahteraan petani”.

bbpplembang bimtek korporasi penyuluhkarawangbbpplembang bimtek korporasi penyuluhkarawangKepala BBPP Lembang, Bandel Hartopo sesaat sebelum membuka resmi kegiatan menyampaikan “Tahun 2019 merupakan tahun pengembangan SDM pertanian. Kini, bagaimana cara membuat pertanian modern dan pemerintah terus berupaya bagaimana petani bisa berkoperasi dan lebih lanjut berkorporasi. Kerjasama BBPP Lembang dengan TTM dimulai sejak 2015, dengan membangun sarana prasarana berlatih berupa packing house dan screen house modern, pelatihan bagi 1.800 petani di wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung, yang berbasis outcome artinya tidak hanya peningkatan pengetahuan sikap dan keterampilan serta produksi, juga adanya peningkatan pendapatan. Lebih lanjut mendirikan Bavas sebagai sarana berlatih pemasaran bagi alumni pelatihan. Tugas penyuluh salah satunya adalah bagaimana memotivasi petani agar mau berkoperasi dan berkorporasi, karena banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan berkorporasi”, tegasnya

Selama kegiatan peserta memperoleh materi secara klasikal: Kebijakan Demfarm Pertanian Modern Berbasis Korporasi; Pengenalan Profil BBPP Lembang; Mengenal Eksistensi dan Inovasi Teknologi di Lingkungan BBPP Lembang; Pengembangan Karakter dalam Penyuluhan Pertanian; Pengembangan Pertanian Modern Berbasis Korporasi Petani; Metode Penyuluhan Pertanian Modern; Penyusunan Materi Penyuluhan Pertanian Modern; Pengembangan Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP); Penyusunan AD/ART/KEP yang Berwawasan Korporasi Petani; Penulisan Ilmiah Populer di Bidang Pertanian Modern; dan Evaluasi Penyuluhan Pertanian Modern. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783