Menggenjot Pendapatan dengan Pertanian Organik

18October2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Menggenjot Pendapatan dengan Pertanian Organik

Menggenjot Pendapatan dengan Pertanian Organik

bbpplembang pendampinganOTM angkt 2 pertamabbpplembang pendampinganOTM angkt 2 pertamaLEMBANG. Pelatihan yang dilaksanakan di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang dengan model Onsite Training Model memadukan kegiatan pelatihan dan penyuluhan/pendampingan, karena pelatihan ini selain bertujuan meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan, juga meningkatkan pendapatan petani peserta pelatihan yang berujung pada peningkatan kesejahteraannya. Setelah kegiatan pelatihan selesai, maka dilanjutkan dengan kegiatan penyuluhan/pendampingan oleh penyuluh pertanian PPL, petugas POPT, dan widyaiswara BBPP Lembang. Apabila petani memiliki kendala teknis di lapangan terkait kegiatan budidayanya bisa langsung memperoleh solusi.   

bbpplembang pendampinganOTM angk2 pertama 2bbpplembang pendampinganOTM angk2 pertama 2Kegiatan pendampingan dilaksanakan Sabtu (21/01/2019) oleh salah seorang widyaiswara BBPP Lembang, Rosros Rosdiantini, dan penyuluh PPL, Evan, ke petani peserta pelatihan OTM Angkatan 2 yaitu Ketua Kelompok Tani Wargi Saluyu, Cucu, yang baru mau memulai penerapan organik pada tanaman selada dengan skala kecil, di Cikareumbi Desa Cikidang Kecamatan Lembang. Pendampingan dilakukan tentang pemeliharaan tanaman terkait dengan pengendalian OPT. “pemeliharaan tanaman organik dilakukan dengan langkah awal yaitu pengendalian secara mekanik, misalnya apabila ada daun yang terkena penyakit, gulma, hama, langsung saja kita bersihkan. Untuk pengendaliannya secara organik sebelum hama dan penyakit timbul, kita bisa membuat pestisida nabati yang kita buat sendiri memanfaatkan tanaman-tanaman yang banyak tumbuh disekitar kita”, ujar Rosros kepada Cucu. (chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783