Memandirikan Kelompok Santri Tani Milenial dalam Usaha Ayam Kampung

21April2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Memandirikan Kelompok Santri Tani Milenial dalam Usaha Ayam Kampung

Memandirikan Kelompok Santri Tani Milenial dalam Usaha Ayam Kampung

bbpplembang Bimtek KSTM Ciamis1bbpplembang Bimtek KSTM Ciamis1CIAMIS. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang bekerjasama dengan Pusat Pendidikan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian, menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) di Kabupaten Ciamis. Pelaksanaan kegiatan selama 2 hari, 22-23 Maret 2019. Peserta Bimtek 110 orang santri dan santriwati dari 11 KSTM dari 11 Pondok Pesantren di wilayah Kabupaten Ciamis.

bbpplembang Bimtek KSTM Ciamisbbpplembang Bimtek KSTM CiamisPembukaan Bimtek oleh Kepala Balai, Kemal Mahfud, Jumat (22/03/2019). Dalam sambutannya sebelum membuka kegiatan secara resmi, “Kementerian Pertanian menggelar Bimtek sebagai proses pembelajaran pertanian bagi santri. Ini dilakukan sesaat setelah tadi pagi Menteri Pertanian menyerahkan secara simbolis bantuan diantaranya ayam kampung kepada para penerima manfaat. Paket bantuan setiap KSTM berupa 500 ekor ayam kampung usia 4 minggu, bantuan pembuatan kandang, bantuan pakan, bantuan  vitamin, obat, vaksin dan desinfektan”. “Jadi selain adik-adik belajar agama juga belajar wirausaha pertanian agar generasi milenial bisa mandiri”, demikian motivasi Kepala Balai kepada peserta Bimtek.

bbpplembang Bimtek KSTM Ciamis2bbpplembang Bimtek KSTM Ciamis2Fasilitator pelatihan adalah Widyaiswara BBPP Lembang dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupten Ciamis, serta Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupten Ciamis. Selama 2 hari Bimtek, peserta belajar materi inti: 1) mendesain kandang ayam, 2) membuat kandang ayam, 3) pemeliharaan ayam, 4) mengelola pakan ayam, 5) program vaksinasi dan penanganan penyakit.

“Tujuan kami mengikuti Bimtek ini untuk menambah wawasan dan keterampilan kami dibidang peternakan ayam kampung. Dengan Bimtek ini harapan kami bisa bertambah jumlah ayam yang nantinya kami ternakkan sehingga dapat menambah penghasilan kami”, ungkap Susi, santriwati peserta Bimtek dari Ponpes Riyadlul Huda. Berbeda dengan yang Yani ungkapkan, salah satu peserta Bimtek dari Ponpes Darul Hasan, “Saya biasa beternak ayam kampung milik orang tua, karenanya dengan mengikuti Bimtek ini harapan saya bisa lebih memahami bagaimana cara beternak ayam kampung”. (Chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783