Meningkatkan Nilai Tambah

21April2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Meningkatkan Nilai Tambah

Meningkatkan Nilai Tambah

bbpplembang Bimtek Pengolahan Hasil KBB2bbpplembang Bimtek Pengolahan Hasil KBB2LEMBANG. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, terus-menerus mengembangkan pelatihan berbasis pertanian, salah satunya hortikultura sebagai ciri khas balai. Komoditas hortikultura memegang peranan penting dan strategis sebagai komponen utama pada pola pangan harapan. Sifatnya yang perishable (mudah rusak) terutama komoditas sayuran dan buah-buahan, membuat petani dan pelaku usaha dibidang budidaya hortikultura harus senantiasa berinovasi bagaimana hasil produknya bisa memiliki daya simpan lebih lama, dan yang utama bagaimana memiliki nilai tambah. Salah satunya melalui proses pengolahan.

Untuk meningkatkan kompetensi petani dan pelaku usaha dibidang pengolahan hasil hortikultura agar kualitas produk olahannya meningkat, maka BBPP Lembang menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengolahan Hasil Pertanian, dengan komoditas jamur tiram. Bimtek dilaksanakan 2 hari mulai 15-16 Maret 2019, berlokasi di P4S Bina Terampil Mandiri Cisarua Kabupaten Bandung Barat yang juga merupakan salah satu binaan BBPP Lembang. Peserta pelatihan 30 orang dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Wilayah Cisarua dan Parongpong.

bbpplembang Bimtek Pengolahan Hasil KBBbbpplembang Bimtek Pengolahan Hasil KBBPembukaan pelatihan, Jumat (15/03/2019) oleh Kepala BBPP Lembang, Kemal Mahfud. Turut hadir Pejabat Struktural BBPP Lembang, Widyaiswara sebagai fasilitator, perwakilan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bandung Barat, dan penyuluh pertanian. Dalam sambutannya sebagai motivasi bagi seluruh peserta, Kepala Balai menyampaikan, “Teknologi pengolahan hasil pertanian, harus disentuh dengan teknologi informasi demi menuju era industri 4.0, karena siapa yang menguasai teknologi maka akan menguasai dunia”, tegasnya. “Saya minta, mari kita rintis pemasaran olahan jamur secara online (e-commerce), karena kini era nya sudah serba digital, dan peluang pasar akan lebih luas baik secara nasional maupun internasional. Ini akan bisa memperluas jaringan pemasaran dan harapannya akan meningkatkan pendapatan pelaku usaha pengahan hasil pertanian”, ungkapnya.

bbpplembang Bimtek Pengolahan Hasil KBB1bbpplembang Bimtek Pengolahan Hasil KBB1Selama bimtek, peserta yang mayoritas Ibu-ibu namun ada juga Bapak-bapak, semangat sekali belajar tentang pengolahan hasil pertanian dengan fasilitator Widyaiswara BBPP Lembang, Aris Hanafiah dan Wawa Risnawaty, Penyuluh Pertanian, dan Praktisi, yang memberikan materi tentang kemanan pangan produk pertanian melalui materi Good Manufacturing Practices (GMP), aneka olahan jamur yaitu eskrim jamur, murdog (jamur endog), manisan jamur, siomay jamur, dan jus jamur. Tidak ketinggalan dan yang penting, peserta juga diajarkan bagaimana pengemasan produk yang menarik, cantik sehingga menarik konsumen untuk membelinya.

Kariska Kurha Dewi, salah seorang peserta yang juga pelaku usaha olahan jamur tiram menjadi keripik jamur dari Kecamatan Cisarua menyampaikan kesannya, “saya senang sekali ikut bimtek ini, karena saya jadi mengetahui bahwa jamur tiram itu selain diolah menjadi keripik, juga bisa diolah menjadi aneka olahan jamur sehingga saya bisa ekspansi  produk jamur untuk usaha saya. Terpenting, kami disini belajar tentang kemanan pangan dan pengemasan produk yang penting untuk kami sebagai pelaku usaha olahan hasil pertanian”. (Chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783