Menggenjot Santri Tani Milenial Sukses Bisnis Ayam Kampung

21June2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

      e-pegawai        dss2a          dep-1a         dep-2a         e-SIPP         e-personeel         sim a         e-book         e-library

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan Menggenjot Santri Tani Milenial Sukses Bisnis Ayam Kampung

Menggenjot Santri Tani Milenial Sukses Bisnis Ayam Kampung

bbpplembang bimtekkstm manonjaya3bbpplembang bimtekkstm manonjaya3TASIKMALAYA. 120 orang santri dari Kabupaten Tasikmalaya dilatih budidaya ayam kampung selama 2 hari, 1-2 April 2019. Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) dilaksanakan di BPP Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Dilaksanakan sebagai upaya pembelajaran bagi KSTM yang nantinya akan memperoleh bantuan paket budidaya ayam kampung dari Kementerian Pertanian. Bimtek ini mengajarkan peserta mendesain kandang ayam, membuat kandang ayam; pemeliharaan ayam; pengelolaan pakan ayam; dan program vaksinasi untuk mencegah penyakit.

bbpplembang bimtekkstm manonjaya1bbpplembang bimtekkstm manonjaya1Odik Sukamana, penyuluh pertanian yang menjadi salah satu fasilitator Bimtek menyampaikan tentang penumbuhan kelompok usaha bagi KSTM agar nantinya mampu berhasil melakukan agribisnis ayam kampung. “Ada 3 hal fungsi organisasi seperti KSTM ini yaitu sebagai kelas belajar, wahana kerjasama, dan unit usaha”. “Mari kita bangun organisasi didalam KSTM mulai dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan Anggota agar KSTM bisa berjalan dengan baik sesuai peran masing-masing”.

bbpplembang bimtekkstm manonjayabbpplembang bimtekkstm manonjayaDalam proses pembelajaran, peserta memperoleh materi tentang pakan ternak ayam kampung yang disampaikan juga oleh fasilitator penyuluh dari Dinas Pertanian Kabupaten Manonjaya, Agus Prawirajaya. Di penghujung Bimtek, materi yang diberikan adalah pengenalan penyakit pada ayam dan bagaimana pemberian vaksin pada ayam untuk mencegah penyakit. Peserta langsung praktik memberikan vaksin ND/IB dengan cara diteteskan pada mata ayam.

Airlangga, salah seorang peserta Bimtek yang berasal dari Pondok Pesantren NeurshiPAY Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan, “Saya mewakili rekan-rekan peserta mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pertanian fasilitator dari Dinas Pertanian. Kami bahagia bisa bbpplembang bimtekkstm manonjaya2bbpplembang bimtekkstm manonjaya2memperoleh edukasi baru tentang budidaya ayam kampung. Harapan kami KSTM mampu menjadi penggerak ekonomi masyarakat Indonesia”.

Penutupan Bimtek, Selasa (02/04/2019) oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Lembang, Ramadani Saputra. Pesannya sebelum menutup kegiatan secara resmi, “Bangun ukhuwah diantara peserta Bimtek ini dengan cara terus menerus menjalin informasi dengan memanfaatkan misalnya whatsapp group sehingga bila ada permasalahan tentang budidaya ayam kampung atau ada keberhasilan, bisa dishare kepada santri lainnya”. “Kami berharap peserta semua bisa sukses berbisnis ayam kampung ini, buat pola bisnis yang menguntungkan”, tegasnya. (Chetty)

 

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783