KSTM Siap Usaha Ayam Buras

09December2019

Indonesian English Japanese Korean

SItus BBPP Lembang

You are here: Home Publikasi Berita Pelatihan KSTM Siap Usaha Ayam Buras

KSTM Siap Usaha Ayam Buras

bbpplembang bimtek sumedang angkt1bbpplembang bimtek sumedang angkt1SUMEDANG. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang sebagai UPT Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) sebagai salah satu program pemerintah dalam pengembangan SDM pertanian tahun 2019 ini. Kabupaten Sumedang merupakan salah satu wilayah yang menjadi tanggung jawab BBPP Lembang dalam kegiatan KSTM, mulai dari proses perencanaan kegiatan yaitu mengidentifikasi KSTM dari pondok pesantren yang ada di Kabupaten Sumedang yang memenuhi persyaratan untuk memperoleh paket bantuan untuk budidaya ayam kampung, hingga melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis bagi santri dan santriwati yang tergabung di KSTM.

bbpplembang BimtekKSTM Sumedang Ang1bbpplembang BimtekKSTM Sumedang Ang1Angkatan 1, terdiri dari 13 KSTM yang berasal dari 13 Pondok Pesantren atau terdiri dari 130 orang santri dan santriwati, memperoleh Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi selama 2 hari, 26-27 Maret 2019. Pembukaan kegiatan, Selasa (26/03/2019) oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang, Guntara, yang dihadiri oleh Pejabat Struktural dan Fungsional Umum BBPP Lembang.

bbpplembang BimtekKSTM Sumedang Ang1.1bbpplembang BimtekKSTM Sumedang Ang1.1Selama Bimtek, peserta memperoleh materi-materi bagaimana mendesain kandang ayam yang baik, cara membuat kandang ayam, pemeliharaan ayam, pengelolaan pakan ayam, dan program vaksinasi untuk mencegah penyakit. Fasilitator Bimtek dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang.

Mala, salah seorang santriwati dari Pondok Pesantren Minhajul Karomah mengutarakan kesannya selama mengikuti Bimtek, “selama Bimtek, kami belajar bagaimana pemeliharaan ayam kampung dimana ayam harus diberikan makanan dan tempat yang layak. Diberikan pula materi tentang bagaimana mencegah penyakit pada ayam yaitu dengan cara membuat kandang dengan ventilasi baik dan vaksinasi rutin”, ungkapnya. (Chetty)

 

Tentang Kami

bbpp lembang kantor sampingbbpp lembang kantor samping

Motto kami:
           Taqwa dalam beragama,
           Santun dalam Berperilaku,
           Prima dalam Berkarya

Hubungi Kami

  • Kantor: Jl. Kayuambon 82
    Lembang, Bandung Barat
    Pos 40791 Jawa Barat, INA
  • Tel/Fax: (+6222) 2786234 - 2789783